Setiap Belanja Bulanan Selalu Over Budget? Begini Tips Mengatasinya

Setiap Belanja Bulanan Selalu Over Budget? Begini Tips Mengatasinya

Awal bulan selalu menjadi waktu yang seringkali ditunggu-tunggu. Iya, karena di awal bulan kita sering berasa kaya raya hehe. Biasalah, habis gajian. Jadi bisa belanja ini itu. Eh, tapi nggak jarang juga, belanja bulanan malah jadi over budget. Alias, biaya habis banyak di awal bulan dan di tengah bulan tabungan udah kembali menipis huhu.

Kebiasaan kayak gini kadang kali sulit buat dihindarkan. Apalagi di kalangan millennial yang kesehariannya banyak ngabisin duit buat lifestyle. Kayak beli kopi susu lah, nongkrong ke cafe berjam-jam atau beli barang-barang mewah. Nah, biar kebiasaan buruk ini bisa dihindarkan, coba deh tips-tips di bawah ini.

1. Buat daftar belanja bulanan secara teratur

Buat daftar belanja bulanan secara teratur (growinginthegroves.com)

Hal dasar yang mesti kamu biasakan adalah membuat daftar belanja bulanan. Ini penting buat kamu yang suka kalap di saat pergi belanja. Oh iya, membuat daftar belanja juga nggak mesti yang ribet ala ibu-ibu rumah tangga, kok. Kamu bisa tinggal catat apa aja kebutuhan primer bulananmu di memo atau note ponselmu.

Dengan membuat daftar belanja, aktivitas belanja kamu bisa terorganisir. Jadi kamu bisa menyaring nih mana aja barang yang emang bener-bener dibutuhkan dan mana yang nggak penting-penting amat.

2. Sering-sering bayar cash



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"