Sering pakai Masker Bikin Jerawatan di Pipi? Ini Cara Mencegahnya

Sering pakai Masker Bikin Jerawatan di Pipi? Ini Cara Mencegahnya

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sering dikeluhkan banyak orang, terutama wanita. Letak jerawat bisa di mana saja di seluruh bagian wajah, bahkan punggung.

Salah satu bagian wajah yang kerap terkena jerawat adalah pipi. Penyebab paling umum jerawat di pipi—selain karena genetika atau hormon dan juga minyak yang menyumbat pori-pori adalah karena kebiasaan sehari-hari yang dilakukan. Misalnya menyentuh wajah dengan tangan yang kotor, wajah yang bersentuhan dengan layar ponsel (yang juga penuh dengan kuman), atau penggunaan alat makeup yang kotor serta penggunaan masker.

Ilustrasi Jerawat di Pipi (IDN Times)

Jadi, salah satu cara terbaik untuk mencegah timbulnya jerawat di pipi adalah dengan mengubah kebiasaan sehari-hari tersebut, misalnya dengan sebisa mungkin menghindari menyentuh wajah dengan tangan yang kotor, membersihkan layar ponsel, dan rutin mencuci alat makeup. Selain itu, dokter kulit Onyeka Obioha, MD, juga meminta untuk memiliki rutinitas perawatan kulit yang menyeluruh. Dia merekomendasikan rutinitas yang sederhana namun kuat.

"Akhiri hari dengan pembersih pengelupas yang mengandung AHA/BHA seperti asam glikolat dan salisilat untuk menghilangkan kotoran, memecah sel kulit mati, dan membuka pori-pori yang tersumbat," katanya.

Lalu, jangan pernah melewatkan hidrasi meski kulit rentan berjerawat, dengan menggunakan pelembap nonkomedogenik bebas minyak yang menenangkan kulit dan tidak akan menyumbat pori-pori.

Jika jerawat di pipi tetap muncul, maka ahli kulit bersertifikat Ranella Hirsch, MD, menyarankan untuk mengunjungi dokter kulit atau klinik kecantikan untuk mendapatkan perawatan profesional yang biasanya meliputi beberapa pilihan pengobatan seperti berikut ini:



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"