Segera Hentikan! Ini 3 Tanda Seseorang Melakukan Self-Sabotage

Segera Hentikan! Ini 3 Tanda Seseorang Melakukan Self-Sabotage

Apa kamu pernah mendengar istilah self sabotage atau sabotasi diri? Mengutip laman Klikdokter, self sabotage merupakan perilaku atau pola pikir yang dapat mencegah seseorang untuk melakukan apa yang dia inginkan untuk mencapai tujuan.

Menurut Gracia Ivonika, M.Psi., Psikolog, self sabotage biasanya ditandai dengan sikap dan perilaku secara sadar atau tidak dilakukan untuk menghalangi atau membatasi hal baik untuk diri sendiri. Sehingga orang tersebut merasa tertekan, sedih, dan lainnya.

Self sabotage ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari trauma masa lalu, merasa rendah diri, takut menerima kegagalan, dan ingin selalu memegang kendali. Tentu saja, pola pikir demikian akan merugikan diri sendiri , baik segi fisik dan mental. Parahnya perilaku ini jarang sekali disadari hingga akhirnya berpengaruh signifikan pada perkembangan diri.

Karenanya, mendeteksi lebih awal akan membantu mencegah dampak buruk dari kondisi sabotase diri. Lantas, seperti apa sebenarnya tanda-tanda seseorang melakukan self sabotage pada dirinya sendiri? Berikut ulasannya:

1. Sering Menunda Pekerjaan

Self Sabotage (via TIMES Indonesia)

Seseorang yang melakukan self sabotage biasanya suka sekali menunda pekerjaan. Padahal, tanpa disadari, kebiasaan menunda ini akan membuat seseorang sulit mengatur waktu, dan kemudian merasa kewalahan dengan pekerjaan yang dia hadapi karena tak kunjung selesai.

Tidak berhenti sampai di situ, kondisi keteteran dan kegagalan menyelesaikan pekerjaan dengan baik akan membuat rasa percaya dirinya menurun karena menganggap dirinya tidak ahli dalam pekerjaan tersebut. Padahal sebenarnya kamu bisa menyelesaikannya dengan baik jika tidak dikejar oleh deadline mepet.

2. Bertahan Pada Hubungan Toxic



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"