Seberapa Sering dan Kapan Sebaiknya Melakukan Eksfoliasi Kulit Wajah? Ini Kata Ahli

Seberapa Sering dan Kapan Sebaiknya Melakukan Eksfoliasi Kulit Wajah? Ini Kata Ahli

Eksfoliasi wajah merupakan salah satu perawatan yang bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati serta kotoran yang menempel pada wajah. Eksfoliasi penting dilakukan karena kulit wajah akan tampak lebih halus dan cerah, tetapi salah satu kesalahan perawatan kulit paling umum dilakukan oleh orang-orang yakni melakukannya secara berlebihan. 

Lalu kapan dan seberapa sering kita sebaiknya melakukan eksfoliasi wajah? Simak ulasannya berikut ini, ya Ladies!

Sebelumnya, kita harus memahami pentingnya eksfoliasi terlebih dahulu. Dikutip dari The Healthy, Senin (20/9/2021), Dr. Annie Gonzalez, MD, seorang dokter kulit bersertifikat dengan Riverchase Dermatology di Miami, As, menjelaskan bahwa eksfoliasi dapat bermanfaat untuk mengurangi komedo, meratakan tekstur kulit dengan mengikis sel-sel kulit mati, membuat kulit wajah menjadi lebih cerah, dan melembapkan kulit.

Ilustrasi Eksfoliasi (KlikDokter)

"Eksfoliasi bisa melawan pertumbuhan jerawat, mengurangi pigmentasi, menghilangkan bekas jerawat dan meminimalkan munculnya kerusakan akibat sinar matahari," ujar dr. Gonzales.

Seberapa Sering Sebaiknya Melakukan Eskfoliasi Wajah?

Kulit setiap orang berbeda dan eksfoliasi dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit.

- Kulit Normal

Jika kamu memiliki kulit yang normal, maka eksfoliasi dilakukan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Namun tetap untuk memerhatikan bagaimana reaksi di kulit wajahmu dan sesuaikan frekuensi eksfoliasi.

- Kulit Kering atau Sensitif

Dr. Gonzalez menyarankan bagi pemilik kulit kering dan sensitif untuk melakukan eksfoliasi sebanyak 2 kali seminggu.

"Bagi mereka yang memiliki kulit kering dan sensitif, melakukan eksfoliasi setiap hari bukanlah ide yang baik, karena bisa membuat kulit menjadi gelap dan dapat menghilangkan minyak alami," katanya.

Minyak alami pada wajah justru bisa menjaga dan melembapkan kulit, terhidrasi, mengurangi munculnya noda dan jerawat. Bagi yang memiliki kulit sensitif, eksfoliasi yang berlebihan dapat menyebabkan ruam dan kemerahan, menyebabkan seperti luka bakar, dan meningkatkan sensitivitas.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"