Perlu Diperhatikan, Ini 5 Penyebab Ketombe Basah Sampai Berkerak Yang Jarang Disadari

Perlu Diperhatikan, Ini 5 Penyebab Ketombe Basah Sampai Berkerak Yang Jarang Disadari

Semua orang pasti menginginkan rambut  yang tumbuh sehat dan indah. Tapi terkadang, munculnya ketombe  basah di rambut dan kulit kepala bisa mengganggu penampilan. Tidak hanya membuat rambut terlihat kusam, tapi ketombe juga menimbulkan rasa gatal di kulit kepala.

Terlebih kalau ketombe basah yang berkerak di kulit kepala lalu bisa dilihat oleh orang lain. Ketombe itu juga bisa berjatuhan. Kondisi ini tentunya akan membuat seseorang tidak percaya diri. Akan tetapi, belum banyak orang menyadari penyebab ketombe basah.

Dikutip dari Fimela.com, penyebab ketombe basah secara umum adalah karena produksi minyak di kulit kepala yang berlebihan. Masalah rambut yang satu ini harus segera diatasi. Tapi untuk mengatasinya, kamu harus tahu terlebih dulu penyebab ketombe basah. Apa saja penyebabnya? Scroll yuk!

1.    Jarang Keramas

Jarang mencuci rambut atau keramas bisa membuat rambut terlihat lepek. Kondisi ini yang juga dipengaruhi oleh kadar minyak yang menumpuk di kulit kepala. Maka disarankan untuk mencuci rambut seminggu maksimal 3 kali agar kesehatan rambut kamu tetap terjaga.

2.    Tidur Dengan Rambut Basah

Foto: Ilustrasi Ketombe (SehatQ)

Beberapa dari kamu mungkin memiliki kebiasaan ini. Faktanya, tidur dengan kondisi rambut basah juga bisa menjadi penyebab munculnya ketombe basah. Oleh karena itu, hentikan kebiasaan ini mulai sekarang. Usahakan untuk mengeringkan rambut terlebih dahulu setelah keramas, baru setelahnya kamu bisa mulai istirahat.

3.    Infeksi Jamur

Rambut basah yang terbawa tidur juga bisa menyebabkan tumbuhnya jamur di kulit kepala. Malassezia globosa merupakan salah satu jenis jamur yang bisa tumbuh di kulit kepala. Jamur ini memiliki asam oleat yang menjadi penyebab ketombe basah. Tidak hanya tumbuh dengan cepat di kulit kepala, infeksi jamur ini juga bisa menular ke orang lain loh!

4.    Salah Pakai Produk Perawatan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"