Pengen Punya Persahabatan Yang Langgeng Sampai Bertahun-Tahun? Jangan Lakukan 5 Hal Ini!

Pengen Punya Persahabatan Yang Langgeng Sampai Bertahun-Tahun? Jangan Lakukan 5 Hal Ini!

Salah satu hal di dunia ini yang nggak bisa dibeli pakai uang adalah: persahabatan. Punya sahabat tuh emang jadi kemewahan ya? Soalnya mendapatkan yang cocok pun kadang nggak mudah. Makanya, penting untuk mempertahankan hubungan harmonis dengan sahabat biar bisa langgeng sampai bertahun-tahun lamanya. 

Tapi jangan lupa, ada hal-hal yang bisa merusak persahabatan juga lho. Pastikan kamu nggak melakukan lima hal ini~

Persahabatan (thoughtcatalog.com)

Berharap sahabat selalu ada untukmu setiap saat 

Sahabat memang jadi sosok yang bisa diandalkan. Dia selalu menemani saat kamu sedang senang dan sedih. Tapi ingat, dia juga manusia biasa yang punya kesibukan sendiri. Meski kamu sedang ingin ditemani, rasanya nggak adil untuk memaksanya bersama kamu. Siapa yang tau kalau dia pun sedang sedih di sana? Makanya, penting banget nih untuk saling menghargai. Ketika dia lagi nggak bisa di sisimu saat itu, nggak perlu merasa sedih dan jadi sebal. Kalau kamu sering maksa, yang ada sahabatmu juga jadi bete dan hubungan kalian jadi nggak asyik lagi. 

Mementingkan diri sendiri 

Jangan lupa kalau yang ingin ditemani dan diperhatikan bukan cuma kamu, sahabatmu juga. Persahabatan jadi lebih susah dipertahankan ketika segala pusat perhatian ada di kamu sendiri. Jangan lupa untuk berbuat hal serupa pada sahabatmu biar hubungan jadi lebih seimbang. Biasanya, kalau ada rasa ‘saling’ tuh memang bisa bikin hubungan apapun jadi lebih bisa tahan lama.

Persahabatan (advicefromatwentysomething.com)

Lupa tiap punya pacar atau teman baru

Sering terjadi nih, pas punya teman baru atau pacar, eh sahabat terlupakan. Hayoo, siapa yang suka kayak gini? Memang wajat ketika kamu baru punya pacar atau teman baru jadi lebih fokus sama mereka. Tapi bukan berarti kamu begitu aja lupa lho sama sahabatmu. Coba deh dipikirin lagi, emang kamu juga pengen dilupain sama sahabatmu saat dia punya pacar dan teman baru? 

Suka merendahkan dan mengejek 

Sahabat yang baik harusnya bisa mendukung dan memberi semangat. Juga memberi masukan dan pendapat biar sahabatnya jadi lebih baik. Mengkritik boleh aja, tapi nggak dengan merendahkan dan mengejek juga lho.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"