Pengen Mengkritik Pacar tanpa Jadi Drama dan Ribut? Coba Ikutin Trik Ini

Pengen Mengkritik Pacar tanpa Jadi Drama dan Ribut? Coba Ikutin Trik Ini

Menyatukan dua kepala dalam sebuah hubungan tuh emang nggak pernah mudah. Tapi kalo kamu emang punya hubungan yang udah terbilang dewasa, biasanya sih nggak ragu ya buat mengkritik pasanganmu. Daripada dipendem sendiri terus jadi kesel, emang kalo ada apa-apa tuh baiknya dibicarakan, gengs. Misalnya, kamu nggak suka kalo pacarmu ngelakuin A, nggak suka sama sikapnya yang B, atau ngerasa risih sama kebiasaan C nya, dan blabla. 

Mengkritik pasangan emang boleh? Boleh banget! Segala keterbukaan dalam hubungan tuh dampaknya pasti baik. Seenggaknya kalo kamu emang nggak suka, ya ngomomg, daripada diam-diam selingkuh hayoo. Terus gimana sih cara yang enak menyampaikan kritik ke pacar tanpa menimbulkan drama dan anti ribut?

Ngobrol santai dengan pacar (sheknows.com)

Ketahui dulu apa tujuanmu

Jangan asal mengkritik, kamu harus tau dulu apa tujuanmu ngasih tau apa yang kamu nggak suka dari pasanganmu? Bukan, kamu bukan mengkritik dia untuk mengejek, menyalahkan, menuduh, dan menghakimi. Tujuannya yang sebenernya adalah bikin hubungan lebih terbuka dan lebih langgeng karena satu sama lain nggak nyimpen beban sendirian.

Ajak ke tempat yang santai (familyfed.org)

Omongin pas lagi santai dan suasananya mendukung

Karena ini termasuk sesuatu yang serius ya, jadi kamu memang nggak bisa sembarangan ngomong. Tunggu dulu waktu mood dia lagi oke, pun dengan suasana yang mendukung. Jangan mendadak ngomongin ini ketika tau dia lagi ada deadline tugas atau besoknya sidang, yang ada malah bikin dia makin pusing. Sebaiknya, omongin pas lagi santai berduaan. Kalo belom nemu waktunya, kamu bisa rencanain buat pergi berduaan ke tempat yang nggak bising biar lebih rileks dan bisa diajak ngobrolin ini. 

Omongin semuanya dengan gamblang dengan nada lembut

Apa sih yang bikin kamu ngerasa terganggu? Misalnya nih, kamu nggak suka kalo dia keseringan nongkrong sampe pagi, nggak suka dia merokok, nggak suka sama sikapnya yang suka meremehkan kamu, nggak suka sama kebiasaan ngaretnya, dan sejenisnya. Nah, tinggal omongin aja dengan gamblang dan jelas tentang hal-hal yang emang pengen kamu kritik. Tapi jangan galak-galak ya, bicaralah dengan lembut biar si dia juga tau kalo kamu saat itu nggak terkesan nyalahin.

Ngobrol sambil ngopi juga bisa nih (freerangestock.com)

Cari tahu pandangan dia tentang kritik dari kamu

Setelah ngomongin semua unek-unek, mintalah pandangan dia tentang apa yang kamu kritik. Ya, dia pun berhak membela diri kalo emang kritikanmu nggak sesuai kenyataan versi dia. Jangan lupa simak omongannya dengan seksama biar kamu juga tercerahkan. Misalnya nih, selama ini dia sering terkesan nganggap remeh kamu, padahal niatnya sih memotivasi biar kamunya lebih semangat, cuma mungkin ada yang salah dalam penyampaiannya. 

Sama-sama cari solusi 

Waktu kamu udah selesai menyampaikan kritik dan menerima feedback, waktunya cari solusi bareng-bareng. Kamu tuh kesel banget kalo dia keseringan nongkrong nggak berfaedah sama temen-temennya, gimana tanggapannya? Kalo dia juga menganggap tongkrongannya unfaedah dan ada kegiatan lain yang bisa dilakukan, mungkin bisa bikin kesepakatan tentang batasan-batasan. Pokoknya, cari solusi yang menguntungkan kedua belah pihak ya.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"