Orangtua Wajib Tahu! Ini 5 Manfaat Pentingnya Penggunaan Sunscreen Untuk Remaja, Salah Satunya Terkait Kanker Kulit

Orangtua Wajib Tahu! Ini 5 Manfaat Pentingnya Penggunaan Sunscreen Untuk Remaja, Salah Satunya Terkait Kanker Kulit

Sunscreen  merupakan salah satu produk skincare  yang tidak boleh dilewatkan untuk dipakai setiap hari. Tidak hanya untuk orang dewasa, tapi juga untuk anak-anak hingga remaja. Hal ini karena sunscreen memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Sunscreen atau yang juga disebut tabir surya ini adalah produk yang paling sering digunakan karena bisa melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

Sunscreen bekerja dengan cara menyerap sinar matahari dan menjebaknya agar tidak masuk ke lapisan kulit. Perlu diketahui juga bahwa sinar matahari yang berlebihan bisa merusak serat kolagen kulit dan elastin loh! Masih ada lagi beberapa manfaat sunscreen khususnya jika digunakan remaja. Simak penjelasannya berikut ya!

1.    Melindungi kulit dari paparan sinar UV berbahaya

Walaupun sinar matahari atau sinar UV baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin D di dalam tubuh, tapi paparan yang berulang dan berlebihan juga tidak aman karena dapat merusak kesehatan kulit. Maka dari itu, sebaiknya biasakan remaja untuk menggunakan sunscreen dengan rutin. Terutama ketika mereka harus beraktivitas di luar rumah dan terpapar sinar matahari langsung.

2.    Menghindari luka bakar menyakitkan

Foto: Manfaat Sunscreen (Beautynesia)

Saat para remaja bermain di luar tanpa menggunakan sunscreen, mereka akan menghadapi sengatan matahari hingga akhirnya menimbulkan luka bakar. Namun tingkat luka bakar biasanya tergantung pada jenis kulit dan berapa banyak waktu yang mereka habiskan di luar ruangan. Gejala umum yang terjadi karena sengatan matahari ini biasanya berupa pengelupasan kulit, kemerahan, gatal dan bengkak. Jadi penggunaan sunscreen diperlukan untuk menghindari kondisi tersebut.

3.    Mengurangi resiko kanker kulit

Sebuah penelitian menemukan penggunaan sunscreen setiap hari dapat mengurangi risiko terkena kanker kulit sekitar 40%. Namun untuk mendapatkan manfaat perlindungan yang maksimal sebaiknya rajinlah mengoleskan sunscreen secara berulang atau re-apply. Jadi selain membiasakan remaja menggunakan sunscreen setiap hari, diperlukan juga untuk rutin mengaplikasikan sunscreen secara berulang setidaknya setiap 2 jam sekali.

4.    Mencegah tanda-tanda penuaan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"