Ngerasa Cuaca Lagi Panas Banget? Waspada 4 Masalah Kulit yang Bakalan Datang Menghampiri!

Ngerasa Cuaca Lagi Panas Banget? Waspada 4 Masalah Kulit yang Bakalan Datang Menghampiri!

Gengs, kamu pasti merasakan bahwa akhir-akhir ini, cuaca di berbagai wilayah Indonesia lagi panas banget! Yup, cuaca emang sedang kurang bersahabat beberapa hari terakhir pasca Idulfitri. Padahal, suhu yang panas dan lembap ini nggak cuma bikin kita tidak nyaman, tapi juga bisa mengganggu kesehatan kulit kita, lho.

Sejalan dengan hal tersebut, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan bahwa sebagian wilayah Indonesia akan mulai memasuki musim kemarau, melihat posisi semu matahari sudah berada di wilayah utara ekuator. Akibatnya, pertumbuhan awan dan fenomena hujan sangat berkurang. Inilah yang menyebabkan cuaca pada siang hari jadi begitu terik, Gengs!

Kondisi seperti ini diperkirakan akan berlangsung hingga pertengahan bulan Mei mendatang sehingga kita harus bersiap-siap menghadapi panasnya cuaca hingga sepekan ke depan. Nah, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, cuaca panas ini diketahui bisa menyebabkan berbagai permasalahan kulit.

Nggak cuma kulit wajah, tapi juga di berbagai bagian tubuh. Sebagai bentuk pencegahan, alangkah baiknya jika kamu mengetahui masalah kulit apa aja yang biasa muncul di kulit pada kondisi seperti ini. Simak penjelasan di bawah ini, ya!

1. Jerawat

Ilustrasi Wajah Berjerawat (KlikDokter)

Salah satu permasalahan kulit yang kerap muncul di tengah cuaca panas dan lembap adalah jerawat. Terlebih, jika kamu memiliki kulit yang memang rentan berjerawat (acne-prone). Jerawat disebabkan oleh pencampuran keringat dengan bakteri dan minyak berlebih di kulit sehingga pori-pori menjadi tersumbat.

Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk mencegahnya? Ketika kamu berkeringat, kamu bisa menyeka wajah memakai tisu atau handuk bersih. Lakukan gerakan menepuk pelan dan tahan tisu selama beberapa saat agar keringat dan minyak bisa terserap.

Hindari gerakan kasar ketika mengelap keringat, karena bisa mengiritasi kulit dan menyebabkan jerawat. Jangan lupa untuk selalu mencuci baju, bandana, handuk, atau topi sebelum mengenakannya kembali.

Kemudian, kamu disarankan menggunakan produk skin care yang lebih ringan, seperti sabun wajah dengan konsistensi gel atau moisturizer dalam bentuk gel yang mudah diserap kulit, dan sunscreen yang non-comedogenic. Kamu juga bisa memilih produk yang mengandung salicylic acid untuk membantu membersihkan pori-pori kamu setiap hari.

2. Kulit Kering dan Iritasi

Cuaca yang panas bisa membuat kamu menyalakan AC terus menerus. Namun ternyata, udara dingin karena AC justru bisa menyebabkan permasalahan kulit kering dan iritasi. Selain itu, udara yang panas dan lembap serta paparan sinar matahari yang terik juga bisa menyebabkan masalah kulit ini lebih parah.

Nah, demi mencegah terjadinya masalah kulit ini, kamu bisa memakai face wash dan sabun mandi yang mild, supaya kelembapan kulit bisa tetap terjaga. Kemudian, jika kamu menghabiskan waktu di dalam ruangan ber-AC, jangan lupa mengaplikasikan pelembap yang cukup rich di wajah serta hand cream untuk tanganmu.

3. Fungal Acne



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"