Mengenal Lerak, Tanaman untuk Membuat Sabun Alami yang Ramah Lingkungan

Mengenal Lerak, Tanaman untuk Membuat Sabun Alami yang Ramah Lingkungan

Hai, Ladies! Di era modern seperti sekarang ini sudah selayaknya kita semakin melek dalam membeli kebutuhan rumah tangga. Nggak cuma mencari produk yang ramah di kantong, namun masyarakat urban sudah semakin jeli memilih produk yang juga ramah lingkungan.

Oleh sebab itu, nggak heran kalau sekarang ini sudah ada beberapa brand yang memproduksi produk rumah tangga seperti sabun dari bahan-bahan alami yang juga tidak merusak alam.

Salah satu bahan alami yang banyak digunakan untuk membuat sabun ramah lingkungan adalah lerak. Meski belum banyak yang tau, tanaman yang satu ini dikenal dengan nama latin Sapindus rarak atau banyak juga disebut dengan rerek atau lamuran. Tanaman ini memiliki biji yang bisa dimanfaatkan menjadi sabun hingga detergen alami.

Air Rendaman Buah Lerak (Google)

Dilansir dari situs CarbonEthics.org, biji lerak mengandung saponins, bahan aktif yang memproduksi busa dan berfungsi sebagai agen pembersih.

Buah berbentuk bulat kecokelatan dan kadang mengkilap ini bisa diolah menjadi produk sabun untuk membersihkan peralatan rumah tangga, lantai, baju, sampo, hingga sabun untuk memandikan hewan peliharaan. Nggak cuma itu, lerak juga punya kegunaan sebagai pestisida untuk tanaman di rumah.

Bahkan beberapa studi juga menunjukkan bahwa lerak bisa dipakai sebagai pengganti sabun cuci muka, sabun mandi, vitamin penumbuh rambut, hingga dapat menyembuhkan penebalan kulit di kaki atau jari. Kulit buah lerak juga diyakini bisa digunakan untuk mengurangi jerawat dan kudis.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"