Mau Lebih Produktif Saat Rapat? Pekerjaan Cemerlang Jika Melakukan 5 Hal Ini, Yuk!

Mau Lebih Produktif Saat Rapat? Pekerjaan Cemerlang Jika Melakukan 5 Hal Ini, Yuk!

Pekerjaan cemerlang bisa didapatkan oleh wanita karier yang aktif. Baik dalam bekerja sehari-hari maupun aktif mengutarakan pendapat saat rapat. Jika kamu masih jadi pendiam saat rapat, saatnya speak up. Ikuti tips di bawah ini, mau?

1. Tahu Info Terbaru

1. Tahu Info Terbaru Sedang rapat (forbes.com)

Rapat kantor pada umumnya sudah diberitakan sebelum pelaksanaan. Bila sudah disertakan tema dan tujuan rapat, maka perdalam pengetahuanmu mengenai tema pembahasannya.

Siapkan ide dan gagasan terbarumu. Jangan sampai datang rapat dengan tanpa persiapan dan kosong. Buatlah catatan secara rinci. Buat juga poin penting yang perlu dibahas dan masukan berdasarkan divisi atau bidangmu. 

Membuat catatan akan lebih efektif dibanding kamu mengingatnya. Ingatan kadang bertumpuk dan bisa lupa. Nah, dengan catatan akan lebih clear dan utuh.

2. Tinggalkan Gadget

Sementara waktu, fokus adalah hal penting yang perlu dilakukan. Bermain handphone dan membuka laptop sebenernya akan memecah konsentrasimu. Ini juga bisa menandakan seseorang nggak menghargai forum rapat.

Dikutip dari Cosmopolitan, menggunakan smartphone saat rapat dianggap sebagai perilaku yang nggak sopan. Jadi, aktivitas scrolling di tengah forum itu nggak pantas kamu lakukan ya, Ladies.

3. Fokus dan Perhatikan

3. Fokus dan Perhatikan Fokus saat rapat (itex365.com)

Fokus seseorang itu bbisa tergambar dari gerak tubuhnya. Jika pada saat rapat kamu nggak fokus, ternyata kelihatan lho. So, kamu bisa melakukan beberapa hal untuk memanggil fokusmu.

Perhatikan setiap orang yang sedang berbicara, usahakan menjalin kontak mata dengan mereka. Simak setiap poin yang diutarakan dan catat jika kamu kurang paham.

Duduklah dengan tegak, yang lebih penting lagi jangan melipat tangan di depan dada. Melipat tangan di depan dada terkesan merendahkan dan meremehkan. Hindari ya!

4. Ajukan Pertanyaan dan Ungkapkan Pendapatmu

Dengan rendah hati, pertanyaan penting untuk diajukan. Ketika ada yang nggak kamu pahami, bertanya akan lebih baik. Lalu, tunjukkan bahwa kamu care dan menyiapkan rencana atau pendapatmu. 

Dalam mengungkapkan pendapat dan mengutarakan ide, pilih saat yang tepat. Saat orang lain telah selesai menjelaskan, maka kamu bisa mengambil alih momen tersebut.

Dan, ingat-ingat untuk disiplin waktu. Rapat terlalu lama karena pembahasan rumit atau deadlock nggak disukai banyak karyawan. Jadi, ikutlah berpartisipasi untuk membangun suasana rapat yang efektif.

5. Cintai Pekerjaanmu

5. Cintai Pekerjaanmu Caption: Senyum wanita karier (wingateshortpump.com)

Tidak bisa dipungkiri, bekerja itu melelahkan. Tetapi dengan bekerja kamu mendapatkan penghasilan dan dapat mencapai tujuanmu. Baik tujuan finansial maupun kualitas diri.

Jadi, cintai pekerjaanmu ya. Jangan sampai kamu merasa tertekan atau nggak suka dengan apa yang telah kamu jalani di kantor. 

Pernah gagal fokus dalam suasana rapat? Hmm..wajar kok. Tetapi usahamu untuk membangun karir akan mendapatkan hasil jika kamu tahu cara memperbaikinya. Semangat ya!

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"