Masih Ingat Letda Ajeng Pilot Tempur Wanita Pertama TNI AU? Kini Ia Bertugas Terbangkan Pesawat Presiden Lho

Masih Ingat Letda Ajeng Pilot Tempur Wanita Pertama TNI AU? Kini Ia Bertugas Terbangkan Pesawat Presiden Lho

Masih ingat dengan Letda Pnb Ajeng Tresna Dwi Wijayanti? Itu lho, Perwira pertama TNI AU yang pada 2018 silam hangat diperbincangkan publik. Sebab, dia menjadi perempuan penerbang tempur pertama dalam sejarah TNI AU.

Nah, nggak cuma itu aja gengs. Kali ini Letda Ajeng kembali menorehkan prestasi mengagumkan. Ia menjadi perempuan pertama yang kini bertugas di Skadron 17 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Dia kini tengah dilatih untuk dipersiapkan menjadi Kopilot Pesawat Kepresidenan RI. Wow, keren banget!

Letda Pnb Ajeng Tresna Dwi Wijayanti (Liputan6.com)

Mau tau kisah perjalanan Letda Ajeng? Simak ulasannya berikut ini, ya.

Karier di Militer

Sukses sekarang, siapa sangka putri dari Kolonel Sus Prayitno ini juga dulu sempat gagal di TNI. Dia sempat gagal alias tak lulus saat ikut tes masuk di TNI AD.

Bukannya menyerah, Letda Ajeng Tresna justru mencoba lagi di kemudian hari saat kembali ada kesempatan. Kala itu, TNI Angkatan Darat dan Udara membuka pendaftaran di waktu yang sama. Keinginan Ajeng untuk jadi TNI sangat kuat. Ajeng akhirnya memutuskan mencoba peruntungan keduanya di TNI AU tahun 2014.

Ternyata usahanya berbuah manis. Dia pun berhasil masuk Akmil AU. Ajeng sukses menamatkan pendidikan militer di tahun 2018. Melanjutkan pendidikan penerbangan lagi di AAU Yogyakarta hingga dilantik sebagai penerbang tempur wanita atau fighter pertama dalam sejarah TNI AU.

"Alasan saya bergabung di TNI Angkatan Udara muncul ketika saya mengikuti pendidikan semi militer Paskibraka Nasional di Cibubur 2011. Dan dari situ minat saya semakin besar," kata Letda Ajeng seperti dikutip dari kanal YouTube Cerdas Berkarakter Kemdikbud RI, Rabu (4/8/2021).



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"