Ketahui Perbedaan AHA, BHA, PHA dan Fungsinya dalam Produk Skincare

Ketahui Perbedaan AHA, BHA, PHA dan Fungsinya dalam Produk Skincare

AHA, BHA dan PHA sering diketahui menjadi bahan dasar skincare dan diketahui memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan. Tapi tahukah kamu perbedaan AHA, BHA, PHA di produk skincare yang kamu gunakan? Kapan pula waktu yang tepat menggunakannya?

Bagi yang belum tahu, AHA, BHA, dan PHA merupakan asam yang menjadi salah satu bahan aktif yang paling banyak digunakan dalam produk perawatan kulit. Tidak semua jenis ‘asam’ ini bisa kamu gunakan sebagai bagian dari perawatan kulit.

Kamu perlu menggunakannya secara tepat sesuai kondisi kulit agar tidak menimbulkan efek samping yang buruk. Karena itu, untuk menghindari dampak buruk akibat salah memilih produk, yuk simak perbedaan AHA, BHA dan PHA berikut ini:

1. Alpha-hydroxy acid (AHA)

1. Alpha-hydroxy acid (AHA) Perbedaan AHA, BHA, PHA (via Alodokter)

AHA, yang merupakan singkatan dari Alpha-hydroxy acid, adalah jenis asam larut air yang didapat dari pengolahan tanaman dan hewan. Kandungan AHA untuk perawatan kulit dapat ditemukan dalam banyak bentuk, di antaranya citric acid yang berasal dari jeruk, tartaric acid yang berasal dari anggur, glycolic acid yang berasal dari tebu, lactic acid yang didapat dari karbohidrat, dan masih banyak lagi.

Dari sekian banyak jenis AHA, glycolic acid dan lactic acid adalah yang paling populer digunakan karena jarang membuat iritasi kulit. Itu sebabnya, kamu pasti pernah mendengar kedua bahan tersebut karena banyak terkandung dalam skincare yang dijual di pasaran dan mungkin bisa kamu temukan dalam sebagian besar produk kecantikan.

AHA dikenal memiliki banyak fungsi untuk perawatan kulit, antara lain untuk mengobati jerawat dan menghilangkan bekasnya, mengangkat sel kulit mati, hingga mencerahkan warna kulit yang tidak merata. Selain itu, AHA juga terbukti mampu mengecilkan pori-pori hingga menyamarkan kerutan dan garis halus di wajah.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"