Kamu Terlalu Percaya dengan Ramalan? Bisa Jadi Kamu Mengidap Barnum Effect! Ini Dampak Buruknya

Kamu Terlalu Percaya dengan Ramalan? Bisa Jadi Kamu Mengidap Barnum Effect! Ini Dampak Buruknya

Barnum effect merupakan fenomena yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Ya, istilah ini merupakan situasi dimana seseorang begitu percaya dengan informasi umum yang ia dapatkan sendiri, contohnya adalah ramalan zodiak dan tes kepribadian di internet.

Seperti yang kita ketahui, ramalan zodiak sebenarnya sudah ditulis senetral mungkin sehingga tulisan tersebut bisa menyentuh atau berlaku bagi banyak orang. Namun, jika kamu sudah terjebak dalam barnum effect, kamu akan mempercayai bahwa tulisan itu benar-benar menggambarkan keadaanmu sekarang dengan sempurna.

Seperti yang kita tahu, ramalan zodiak sebenarnya ditulis senetral mungkin sehingga tulisan itu akan menyentuh para pembacanya. Tapi, kalo kamu terjebak dalam barnum effect, hal ini tentu bisa memberikan dampak negatif, seperti:

# Buang-Buang Waktu

# Buang-Buang Waktu Dampak dari Barnum Effect (pexels.com)

Saat seseorang telah percaya akan suatu hal sepenuhnya, ia tak akan ragu untuk mengeluarkan uang, atau waktunya mendengarkan ungkapan atau nasihat tersebut. Padahal, bisa aja apa yang mereka baca cuma kebetulan semata.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"