Kalau Salah Gaul, Biaya Pertemanan Tuh Memang Mahal… 5 Hal Ini Contohnya

Kalau Salah Gaul, Biaya Pertemanan Tuh Memang Mahal…  5 Hal Ini Contohnya

Biaya pertemanan kelewat mahal? Mungkin karena kamu yang salah gaul!

Bukan cuma merintis usaha, berteman juga ternyata butuh modal yang nggak sedikit. Ya, kadang-kadang, kita mesti keluar uang demi bisa diterima sebuah lingkungan. Tujuannya? Ya agar terkesan setara.  Meskipun jatohnya maksa ya karena berusaha menyesuaikan diri sama sesuatu yang sebenarnya di luar kemampuan. 

Memang sih masih banyak lingkup pertemanan yang lebih sederhana, tapi kita pun nggak bisa menutup mata kalau seenggaknya, pasti pernah ngalamin hal-hal kayak berikut ini.

Ngopi cantik kadang bikin boros (worcesterguildhall.co.uk)

Nongkrong

Pasti kamu sering dong nongkrong sama teman? Nah, ini juga jadi salah satu biaya yang cukup mahal ya, apalagi kalau ternyata budget nongkrong temanmu lebih besar dibanding kamu. Ujung-ujungnya malah tersiksa, cuma makan mi instan sampai akhir bulan demi bisa ikutan nongkrong. 

Misalnya nih, kamu memang masih mampu untuk nongkrong di kafe dengan biaya R250 ribu, tapi nggak mampu kalau harus ngeluarin uang segitu sekitar 3 kali seminggu kayak teman-temanmu. Kalau kamu ngikutin gaya hidup temanmu, ya amsyong deh!

Party teroos (dailymail.co.uk)

Traktiran setiap momen spesial

Baru jadian, lulus, ulang tahun, gaji pertama, resign, dapat promosi jabatan, dan segala momen spesial harus dirayakan dengan mentraktir. Duh, kalau bulan ini kamu ulang tahun, bulan depan lulus, bulan depan dapat gaji pertama, gimana tuh? Semuanya dilakukan untuk bikin temanmu senang. Kalau mampu dan nggak keberatan sih ya nggak masalah, tapi kalau kamu kere dan maksain? Masalah banget hidup kamutuuu… 

Kado mewah

Teman-temanmu punya kebiasaan kasih kado yang mewah-mewah? Ini juga nih yang menambah mahalnya biaya pertemanan. Gara-gara kamu pernah dikasih hadiah mahal, jadinya kamu ngerasa harus kasih hadiah yang minimal harganya setara. Padahal kamu sebenarnya nggak mampu buat beli barang semahal itu, apalagi ini untuk orang lain lho.

Selalu seragaman (thomaspriorhall.com)

Acara nikahan

Momen pernikahan juga butuh biaya ekstra nih dari teman-teman si calon pengantin, mulai dari bikinin bridal shower di restoran fancy atau bachelorette party  sambil jalan-jalan ke luar kota dan nginep rame-rame di villa instagramable, jahit baju seragam, bayar makeup artist buat dandanin, lalu tetap harus ngamplop di acara nikahan. 

Baju seragam

Kebanyakan baju seragam waktu jadi bridesmaids itu beneran cuma kepake sekali dan akan tersimpan di lemari selamanya. Udah gitu, kalau ada acara lain, banyak juga yang rajin bikin seragaman, misalnya waktu datang ke acara bridal shower atau ulang tahuh, kalian janjian pakai baju dengan tema tertentu, yang ujung-ujungnya pasti harus beli karena kamu nggak punya atau kurang sesuai dresscode.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"