Jarang Disadari, Ini 9 Hal yang Bisa Bikin Rambut Lepek

Jarang Disadari, Ini 9 Hal yang Bisa Bikin Rambut Lepek

Rambut merupakan mahkota wanita. Ditutup atau tidak, sudah sepantasnya rambut dirawat dengan baik. Jika tidak, maka beberapa masalah ramput pun akan muncul. Rambut lepek misalnya.

Rambut lepek adalah kondisi rambut yang sangat mengganggu penampilan. Kondisi ini disebabkan karena adanya produksi minyak berlebih dan keringat di area rambut. Nggak cuma mengganggu penampilan, rambut lepek juga bisa berpengaruh pada kondisi kulit wajah lho, seperti membuat wajah tampak kusam dan berminyak.

Rambut lepek sering terjadi pada kondisi rambut yang tipis dan lurus. Saat mengalami rambut lepek, rambut akan terlihat semakin tipis, akar rambut mengempis, dan volume rambut akan hilang. Rambut lepek juga bisa menyebabkan kulit kepala gatal dan terasa panas.

Rambut lepek bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Beberapa penyebabnya bahkan jarang disadari oleh sebagian orang. Berikut penyebab rambut lepek, yang dilansir dari beberapa sumber:

1. Faktor Keturunan

Penyebab rambut lepek yang pertama yaitu disebabkan karena adanya faktor keturunan. Kalau kamu lahir dari orang tua yang memiliki kondisi kulit cenderung berminyak, maka kamu juga memiliki jenis kulit yang sama dan mudah berminyak. Faktor keturunan ini tidak bisa dihilangkan, tapi kamu bisa mencegah produksi minyak berlebih di kulit kepala.

Ilustrasi Cara Mengatasi Rambut Lepek (Unilever)

2. Cuaca Panas

Saat cuaca terlalu panas, keringat dan minyak akan diproduksi berlebih di kulit kepala sehingga cuaca panas merupakan salah satu faktor penyebab rambut lepek. Selain itu, cuaca panas yang disebabkan karena terik matahari, bisa menyebabkan rambut rusak, bercabang dan terlihat kusam.

3. Polusi Udara

Selain terik matahari, rambut lepek juga bisa disebabkan karena adanya polusi udara, seperti debu atau asap kendaraan. Polusi udara ini memiliki partikel kecil yang bisa menempel di kulit kepala, memicu produksi minyak berlebih, dan perlahan menyebabkan kerusakan rambut.

4. Salah Memilih Sampo

Nggak semua sampo bisa digunakan untuk segala jenis rambut. Ada beberapa kandungan sampo yang tidak cocok untuk rambut lepek yang cenderung berminyak. 

Untuk rambut berminyak, sebaiknya gunakan sampo yang bisa memberikan volume serta hindari penggunaan sampo yang terlalu banyak mengandung deterjen dan pelembap.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"