Jangan Sembarangan! Ternyata 5 Bahan Ini Bisa Bahaya Jika Dioleskan Langsung ke Kulit

Jangan Sembarangan! Ternyata 5 Bahan Ini Bisa Bahaya Jika Dioleskan Langsung ke Kulit

Merawat kulit wajah dengan masker sudah menjadi hal yang sering dilakukan. Biasanya, kita sering menggunakan masker yang dijual di pasaran agar lebih praktis. Tapi, tak sedikit pula orang yang menggunakan masker DIY (Do It Yourself) dengan memakai bahan-bahan alami demi meminimalisir risiko berbahaya.

Tapi sayangnya, ada beberapa bahan yang jika digunakan langsung ke wajah, justru malah menimbulkan masalah seperti iritasi, terbakar dan gatal.

Kalo kamu ingin menjajal masker DIY, sebaiknya hindari 5 bahan ini agar tidak menimbulkan resiko berbahaya di wajah kulit kamu. Yuk, simak apa saja 5 bahannya!

# Lemon

Beberapa bahan alami yang berbahaya jika diaplikasikan langsung ke kulit wajah (pexels.com)

Tak sedikit orang yang meyakini jika buah lemon dapat membantu mencerahkan kulit. Tapi perlu kamu tahu bahwa menggunakan lemon sebagai bahan masker justru bisa menyebabkan phytophotodermatitis.

Phytophotodermatitis merupakan kondisi peradangan kulit akibat sifat asam dari lemon yang menimbulkan rasa terbakar.

“Jika digunakan pada kulit yang terpapar sinar matahari, (lemon) dapat menyebabkan reaksi melepuh dan hiperpigmentasi,” ujar dokter kulit bersertifikat, Rita Linkner yang berbasis di New York.

# Putih Telur

Bahan alami selanjutnya adalah putih telur mentah. Yup, kalo kamu mencoba DIY dengan menggunakan bahan ini dan langsung mengoleskannya ke kulit, bisa-bisa kulitmu menjadi iritasi atau infeksi karena telur putih mengandung bakteri salmonella.

# Kayu Manis



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"