Ini yang Terjadi Pada Otak Ibu Saat Bayinya Menangis

Ini yang Terjadi Pada Otak Ibu Saat Bayinya Menangis

Banyak yang bilang seorang ibu memiliki naluri keibuan yang hebat kepada setiap anaknya. Hal itu teruji lewat refleks ibu saat mendengar bayinya menangis yang lebih dikenal sebagai insting ibu. Berikut ini adalah penjelasan dari maksud ‘insting/naluri ibu’ yang sering dialami oleh para ibu di luar sana berdasarkan hasil studi dari National Insitute of Child Heakth and Human Development (NICHD). 

(pregnancytoparenting.ca)

Penlitian dilakukan dengan dua tahap utama dan responden yang berbeda, diambil dari 11 negara yang memiliki kebudayaan berbeda seperti Amerika, Argentina, Belgium, Brazil, Israel, Italia, Jepang, Kameun, Kenya, Korea Selatan dan Perancis. 

Pada tahap awal peneliti melakukan observasi terhadap perilaku ibu dan bayi selama satu jam, kemudian dilanjut memindai aktivitas MRI. Selagi dalam mesin MRI, peneliti memberikan stimulus berupa tangisan bayi dan suara lainnya. 

Disebutkan dari dua penelitian itu didapatkan hasil yang konsisten. Dimana peneliti menemukan ada lima jenis respon positif yang diberikan ibu kepada bayinya yang tengah menangis, dua hal utamanya adakan cepat-cepat menggendong bayi dan berbicara dengan si kecil hanya dalam jangka waktu 5 detik setelah terdengar suara tangisannya. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"