Ini Perbedaan Gejala dan Penanganan antara Kulit Sensitif dan Kulit Berjerawat Menurut Dokter Kamila Jaidi

Ini Perbedaan Gejala dan Penanganan antara Kulit Sensitif dan Kulit Berjerawat Menurut Dokter Kamila Jaidi

Ramainya testimoni kulit rusak akibat pemakaian produk skincare terkenal di media sosial dengan inisial MG, menimbulkan jagat maya tidak kondusif.

Asal dari perdebatan ini muncul antara sesama pengguna yang memiliki reaksi yang berbeda. Ada yang merasakan cocok menggunakan MG bertahun-tahun, ada juga yang tidak cocok dan menimbulkan jerawat kemerahan ketika pemakain sudah lebih dari tiga bulan. 

Bahkan di kalangan pengguna yang cocok dengan MG, menuding bahwa pengguna yang tidak cocok dengan MG memiliki kulit sensitif sehingga mudah berjerawat saat menggunakan MG. Padahal kedua hal ini berbeda. 

Seperti diketahui, kulit sensitif umumnya sangat peka dan mudah sekali mengalami alergi atau iritasi dan ruam sebagai reaksi terhadap faktor tertentu, seperti lingkungan, makanan, atau penggunaan produk kosmetik atau skincare.

Kulit wajah yang sensitif mudah terkelupas, gatal, kering, kemerahan, dan terasa perih (breakout), ketika terjadi kontak dengan berbagai hal yang dapat memicu munculnya gejala kulit sensitif.

Ini Perbedaan Gejala dan Penanganan Antara Kulit Sensitif dan Kulit Berjerawat (Grid.ID)

Sedangkan kulit mudah berjerawat, merupakan kondisi ketika kelenjar sebasea pada kulit menghasilkan terlalu banyak sebum. Sebum sendiri merupakan minyak alami yang berfungsi melapisi kulit dan rambut. Produksi sebum berlebih membuat kulit terlihat mengkilap dan berkilau.

Sebum sebenarnya membantu merawat kulit tetap lembap. Namun, minyak yang terlalu banyak justru dapat memicu masalah baru, terutama jerawat. 

Menanggapi hal tersebut, Dokter Spesialis Kecantikan sekaligus Konten Kreator Kesehatan TikTok, dr Kamila Jaidi, MARS, mengatakan bahwa gejala kulit sensitif berbeda dengan kulit berjerawat.

"Mohon maaf, banyak yang salah paham tentang hal ini. banyak yang menyamakan kulit sensitif dengan kulit mudah berjerawat, ini berbeda," ujar dr Kamila di video kontennya yang diunggah ke TikTok.

Menurut Kamila, kulit sensitif dan kulit berminyak memiliki gejala yang berbeda satu sama lain. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"