Hijab dan Jilbab, Perbedaannya Apa Sih? Wajib Tau!

Hijab dan Jilbab, Perbedaannya Apa Sih? Wajib Tau!

Hijab dan Jilbab

Di Indonesia, istilah hijab dan jilbab sering digunakan. Kedua nama tersebut dipakai buat merujuk pada penutup kepala wanita muslim.

Banyak yang salah kaprah menyebut 2 istilah ini punya pengertian yang sama. Tapi ternyata beda gengs. Berikut perbedaan hijab dan jilbab yang harus kalian ketahui.

1. Hijab

1. Hijab Hijab dan jilbab (liputan6.com)

Pertama-tama kita ketahui dulu apa arti hijab. Menurut bahasa Arab, hijab artinya penghalang. Ini berasal dari kata hajaban (menutupi sesuatu).

Dalam Islam, hijab diartikan sebagai tata cara berpakaian yang menutup aurat sesuai aturan dalam agama Islam.

Sementara itu, Al Munawi menjelaskan juga makna hijab sebagai berikut:

"Hijab adalah segala hal yang menutupi sesuatu yang dituntut untuk ditutupi atau terlarang untuk menggapainya. Diantara penerapan maknanya, hijab dimaknai dengan as sitr (penutup), yaitu yang mengalangi sesuatu agar tidak bisa terlihat. Demikian juga al bawwab (pintu), disebut sebagai hijab karena menghalangi orang untuk masuk. Asal maknanya, hijab adalah entitas yang menjadi penghalang antara dua entitas lain" (At Tauqif ‘ala Muhimmat At Ta’arif, 1/136).

hijab dan jilbab (tribunnews.com)

Abul Baqa’ Al Hanafi pun menerangkan, "Setiap yang menutupi hal-hal yang dituntut untuk ditutupi atau menghalangi hal-hal yang terlarang untuk digapai maka itu adalah hijab” (Al Kulliyat, 1/360)."



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"