Hai, Cantik, Sudah Tau Belum Nih? Inilah 3 Perawatan Tubuh yang Sering Dianggap Membatalkan Puasa Padahal Tidak

Hai, Cantik, Sudah Tau Belum Nih? Inilah 3 Perawatan Tubuh yang Sering Dianggap Membatalkan Puasa Padahal Tidak

Di masa pandemi seperti sekarang ini, kita diharuskan untuk selalu menjaga kebersihan area tubuh setiap saat dan setiap waktu. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah dan menekan penularan virus corona.

Namun selama bulan Ramadan, ada beberapa jenis perawatan tubuh yang dianggap bisa membatalkan puasa. Mulai dari keramas, membersihkan telinga, hingga sikat gigi, sebagian orang memiliki kepercayaan masing-masing mengenai hal tersebut. Apakah kamu salah satunya, Ladies? Padahal belum tentu juga lho.

Supaya kamu tidak bingung, berikut ini rangkuman mengenai tiga hal yang sering dianggap membatalkan puasa padahal nyatanya tidak. 

Seperti yang dituturkan oleh Ustaz Ammi Nur Baits, Dewan Pembina situs islami Konsultasi Syariah dari Madinah International University. Simak bareng, yuk!

1. Keramas

1. Keramas Ilustrasi Keramas (HonestDocs)

Menurut Ustaz Ammi Nur Baits, orang yang berpuasa boleh melakukan keramas atau mencuci rambut. Namun harus dipastikan bahwa kita tidak menghirup air saat melakukannya.

Dalam tulisannya, Ustaz Ammi mengatakan ada dalil yang bisa dijadikan acuan. Abu Bakar bin Abdur Rahman, salah seorang sahabat, beliau menceritakan perjalanan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika Fathu Mekah, pada saat itu beliau sedang puasa.

"Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah menyiramkan air ke atas kepala Beliau ketika sedang puasa, karena kehausan atau terlalu panas." (HR. Ahmad 16602, dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"