Galau karena Masalah Kulit? Simak 5 Manfaat Aloe Vera untuk Kesehatan Kulit dan Wajah Ini!

Galau karena Masalah Kulit? Simak 5 Manfaat Aloe Vera untuk Kesehatan Kulit dan Wajah Ini!

Kamu punya masalah kulit? Atau insecure karena mulai muncul kerutan di wajah? Jangan buru-buru hunting skincare dengan harga selangit! Kamu bisa kok, pakai bahan alami yang ada di rumah! Misalnya aja aloe vera.

Aloe vera atau lidah buaya tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Tanaman hijau bergigi ini memiliki daging yang tebal. Tanaman ini umumnya ditemukan di daerah-daerah tropis dan subtropis. Manfaat aloe vera untuk kesehatan kulit dan wajah juga sudah diketahui banyak orang.

Aloe vera dikenal luas karena manfaat kecantikannya. Tanaman ini bekerja sangat baik untuk kesehatan kulit dan wajah, serta sering dijadikan sebagai bahan utama dalam banyak produk kecantikan. Selain memiliki khasiat untuk kesehatan kulit dan wajah, aloe vera juga banyak digunakan sebagai obat untuk membantu menyembuhkan luka.

Lalu, apa aja manfaat aloe vera untuk kesehatan kulit dan wajah? Berikut penjabarannya seperti dikutip dari Healthline.

1. Menenangkan kulit dari sengatan matahari

Manfaat aloe vera untuk wajah dan kulit yang pertama yaitu untuk menenangkan kulit dari sengatan matahari. Karena sifatnya yang melembapkan secara alami, lidah buaya dapat membantu menyembuhkan luka bakar tingkat pertama dan kedua pada kulit. Beberapa penelitian juga telah menemukan bahwa aloin, senyawa yang ditemukan dalam tanaman lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi yang membantu proses penyembuhan kulit.

Lidah buaya juga penuh dengan antioksidan dan satu protein antioksidan yang disebut metallothionein, yang memiliki efek perlindungan pada kulit yang terpapar dan rusak oleh sinar ultraviolet (UV). Tanaman ini juga sangat menghidrasi dan dapat membantu memerangi pengelupasan kulit yang biasanya terjadi setelah kulit terbakar sinar matahari.

Ilustrasi Kulit Terbakar (KlikDokter)

2. Membantu memudarkan bintik hitam

Memiliki bintik-bintik gelap pada wajah membuat sebagian perempuan tidak percaya diri. Bintik-bintik gelap pada kulit, yang juga dikenal sebagai hiperpigmentasi, dapat meninggalkan bekas. Hal ini bisa dipicu oleh beberapa faktor, seperti paparan sinar matahari, jerawat, atau hanya proses penuaan normal.

Semua bintik hitam biasanya memiliki satu kesamaan, yaitu sulit untuk diatasi. Namun, senyawa yang disebut aloesin, yang ditemukan di tanaman lidah buaya, bisa membantu meringankan bintik hitam. Menurut sebuah penelitian, ketika diterapkan empat kali sehari selama 15 hari, aloesin terbukti efektif dalam mengobati hiperpigmentasi akibat sinar UV dan pasca-jerawat. Studi lain menemukan bahwa mengaplikasikan aloe vera secara langsung dapat menghambat hiperpigmentasi.

3. Membantu melembapkan kulit

Memiliki kulit wajah yang lembap tentu diinginkan oleh siapa saja. Jika kamu ingin memiliki kulit wajah yang lembab dan lembut, kamu dapat menggunakan aloe vera secara rutin. Aloe vera kaya akan air, terutama di lapisan terdalam sehingga membantu menghidrasi dan mengunci kelembapan kulit. Mucopolysaccharides, yang ditemukan di dalam lidah buaya, juga membantu mempertahankan kelembapan di kulit.

Ketika dioleskan, lidah buaya telah terbukti meningkatkan kadar air pada lapisan terluar kulit (disebut stratum korneum), yang menjadikannya bahan yang ideal untuk jenis kulit kering.

4. Mencegah tanda penuaan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"