Durasi Cuti Melahirkan Terlama di Dunia, Ada yang Sampai 16 Bulan Lho!

Durasi Cuti Melahirkan Terlama di Dunia, Ada yang Sampai 16 Bulan Lho!

Kebijakan durasi cuti melahirkan  di berbagai negara dunia memang berbeda. International Labour Organization (ILO) mencatat saat ini terdapat lebih dari 120 negara yang memberikan cuti melahirkan pada pekerja perempuan.

Seperti saat ini Pemerintah Indonesia tengah merencanakan RUU KIA mengatur cuti melahirkan enam bulan di Indonesia untuk istri, dan maksimal 50 hari untuk suami. Jika RUU ini disahkan, maka Indonesia termasuk negara dengan durasi cuti melahirkan terlama di dunia. Meski demikian, untuk saat ini, negara-negara berikut inilah yang memiliki durasi terlama di dunia.

1. Finlandia

Cuti Melahirkan (via Kompas Money)

Finlandia memberikan hak cuti melahirkan sekitar 105 hari atau sekitar 15 minggu untuk istri, dan 54 hari untuk suami. Dan tentunya tetap mendapatkan gaji pekerja.

2. Islandia

Di Islandia, setiap orang tua boleh mendapat cuti melahirkan hingga 39 minggu. Namun dengan rincian ayah dan ibu masing-masing mendapat cuti 13 minggu, dan sisa 13 minggu lagi bisa dibagi antara suami dan istri secara bergantian. Untuk gaji, mereka yang sedang menjalani cuti melahirkan tetap menerima sebesar gaji 80% dari upah pekerja.

3. Norwegia



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"