Dewa Dewi Cinta Yunani, Siapa Sebenarnya Cupid Itu?

Dewa Dewi Cinta Yunani, Siapa Sebenarnya Cupid Itu?

Kisah cinta adalah bagian dari kehidupan manusia. Entah dengan akhir yang bahagia atau sengsara, kisah cinta selalu digemari sepanjang masa. Banyak kisah cinta seperti Juliet dan Romeo yang melegenda. Selain kisahnya, ada juga kepercayaan pada dewa cinta.

Di sini kita akan menyajikan daftar para dewa dan dewi cinta Yunani yang paling terkenal.

1. Eros, Dewa Cinta dan Kesuburan Yunani

1. Eros, Dewa Cinta dan Kesuburan Yunani Cupid (amazon.com)

Eros adalah Dewa Cinta dan Kesuburan Yunani. Orang Romawi kemudian memanggilnya Cupid.

Eros memiliki sejarah panjang, berasal dari Yunani Kuno. Dewa Eros adalah salah satu dewa terpenting di Yunani Kuno, salah satu dari tiga dewa yang menciptakan dunia menurut Hogenis Theogony, yang menggambarkan asal usul para dewa.

Di kemudian hari, Eros digambarkan sebagai bayi bersayap yang gemuk dan montok. Membawa busur yang akan ia gunakan untuk menembakkan panah secara acak. Menyebabkan sepasang manusia jatuh cinta.

Menurut mitos, Eros memiliki dua jenis panah: merpati bersayap emas dan burung hantu berbulu. Panah dengan sayap merpati digunakan untuk menumbuhkan rasa cinta.

Mitos yang lazim menunjukkan bahwa Eros lahir dari percampuran Venus dengan Mars pada malam musim panas. Sebagai putra sejati Dewi Kecantikan, Eros adalah dewa cinta dan nafsu.

2. Pothos, Dewa Nafsu Yunani

2. Pothos, Dewa Nafsu Yunani Pothos (britannica.com)

Dalam mitologi Yunani, Pothos dikenal sebagai dewa, yang melambangkan kerinduan. Nama Pothos berarti keinginan dan para seniman kuno menggambarkan Pothos sebagai seorang pria tanpa janggut.

Pothos adalah putra Eros dan Aphrodite, atau menurut mitos lain, putra Zefyros dan Iris. Saudara-saudaranya adalah Imeros dan Anteros.

Pothos ingin menjadi salah satu dewa cinta yang hadir di Venus, tetapi tidak dapat mencapainya, jadi dalam pikiran orang-orang Pothos identik dengan keinginan yang tidak terpenuhi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"