Daftar Masa Simpan Kosmetik Kesayanganmu, Yuk Cek, Koleksimu Udah Kedaluwarsa Belum?

Daftar Masa Simpan Kosmetik Kesayanganmu, Yuk Cek, Koleksimu Udah Kedaluwarsa Belum?

Kapan terakhir kali kamu menggunakan make up? Jangan-jangan sejak pandemi dan banyak menghabiskan waktu di rumah, make up-mu cuma jadi pajangan aja. Kalau kamu tiba-tiba perlu memakainya, jangan lupa sebelumnya cek dulu apakah produk make up kamu masih layak untuk dipakai atau sudah kedaluwarsa ya, girls!

Make up yang sudah tak layak pakai, jika dipakai, justru akan berdampak buruk untuk kulit wajahmu. Maka dari itu, penting bagi kamu mengetahui masa simpan make up sesuai dengan jenisnya.

Waktu kedaluwarsa pada kosmetik seringkali tidak kita temukan pada produk kosmetik, sebagai gantinya kamu biasanya akan menemukan simbol PAO (Period After Opening) dengan angka yang tertera. Angka itulah yang menunjukkan waktu penggunaan terbaik setelah kosmetik dibuka. Namun, jika kamu tidak menemukannya, ini dia beberapa panduannya. Check this out!

Daftar Masa Simpan Kosmetik Berdasarkan Jenisnya (Pinterest)

1. Lipstik, lip cream, dan lip gloss punya masa simpan yang berbeda bergantung dengan bentuknya

Dilansir dari good doctor, Jumat (10/9/2021) masa penyimpanan lipstik yang berbentuk batang atau padat antara 8-24 bulan. Namun, jika lipstikmu sudah mengalami perubahan tekstur, warna, dan aroma, maka sebaiknya jangan digunakan kembali, ya. Untuk lip cream yang berbentuk cair dan diaplikasikan dengan aplikator, kamu perlu menggantinya setahun setelah dibuka. Hal itu karena aplikator lebih mudah terkontaminasi dan menyebabkan kedaluwarsa.

Berbeda dengan lip cream, masa penyimpanan lip gloss bisa lebih lama, yakni sekitar 12-18 bulan setelah kemasan dibuka. Lip gloss yang kedaluwarsa juga akan berubah tekstur dan berbau tak sedap. Jenis lip product ini teksturnya juga akan lebih lengket dan sulit diaplikasikan ke bibir jika sudah tak layak pakai. Penggunaan lip product yang kedaluwarsa jika dipaksakan bisa menyebabkan luka pada bibir, lho.

2. Masa simpan foundation bubuk lebih lama dibandingkan dengan foundation cair karena kandungan airnya berbeda

Foundation cair yang disimpan dalam bentuk botol pompa, biasanya bertahan lebih lama dibandingkan dengan botol biasa. Foundation yang dikemas dengan botol biasa hanya bertahan sekitar 6-12 bulan setelah dibuka. Namun, foundation dengan kemasan botol yang dipompa bisa bertahan lebih lama.

Foundation bubuk tentu saja lebih sedikit kandungan airnya. Maka dari itu, masa simpan foundation bubuk lebih lama hingga 24 bulan. Foundation yang kedaluarsa akan beraroma tidak sedap, berubah tekstur menjadi lebih cair atau menggumpal, serta berubah warna. Pemakaian foundation yang kedaluwarsa berpotensi menyebabkan infeksi yang serius dan bisa menimbulkan masalah pada wajah seperti jerawat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"