Curhatan Model Cantik yang Dibayar Lebih Murah Cuma karena Beda Warna Kulit

Curhatan Model Cantik yang Dibayar Lebih Murah Cuma karena Beda Warna Kulit

Salah satu hal yang kerap dialami oleh wanita dan kaum minoritas adalah diskriminasi. Diskriminasi sendiri merupakan sikap membedakan secara sengaja terhadap golongan-golongan yang berhubungan dengan kepentingan tertentu. Pembedaan tersebut biasanya didasarkan pada agama, etnis, suku, dan ras.

Seperti yang dialami oleh dan model cantik Jourdan Dunn. Aktris dan model asal Inggris ini menceritakan perjalanan karirnya dalam podcast TTYA Talks baru-baru ini. Ia mengaku pernah mendapat perlakuan diskriminatif di dunia modeling karena warna kulit yang berbeda.

Perlakuan diskriminatif itu terkait dengan honor Jourdan. Meski melakukan pekerjaan yang sama, honor Jourdan lebih rendah dibandingkan rekannya sesama model, seperti Cara Delevingne dan Karlie Kloss.

"Saya ingat rekan-rekan seangkatan saya, seperti sahabat saya di industri ini, Cara dan Karlie. Saya tahu tarif mereka berbeda dengan tarif saya meskipun kita melakukan pekerjaan yang sama," kata Jourdan dilansir dari Independent.co.uk, pada Senin (3/5/2021).

Model Cantik Jourdan Dunn (Instagram)

Jourdan awalnya tidak sadar apa yang membuat honornya berbeda dengan Cara dan Karlie. Namun ia kemudian sadar bahwa satu-satunya hal yang mungkin memunculkan perbedaan itu adalah warna kulit mereka.

"Ketika saya memikirkannya, itu sangat kacau. Apa bedanya? Namun yang jelas membedakan adalah warna kulitnya," sambung model berusia 30 tahun tersebut.

Seiring berjalannya waktu, Jourdan pun mulai membangun percaya dirinya sebagai model. Ia tidak sungkan untuk menyebutkan harga tertentu saat menerima sebuah pekerjaan.

"Tapi sekarang saya tahu nilai saya dan saya akan memintanya (honor yang sesuai)," ujar pemilik tinggi badan 1,83 meter ini masih dalam podcast yang sama.

Jourdan juga sekarang berani untuk mengungkapkan apa-apa yang kurang dari riasan atau tatanan rambut saat bekerja. Padahal dulunya ia hanya menahan semuanya sendiri karena enggan menyinggung perasaan orang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"