Cara Menentukan Tanggal Pernikahan yang Tepat untuk Calon Pengantin

Cara Menentukan Tanggal Pernikahan yang Tepat untuk Calon Pengantin

Tanggal pernikahan adalah hal penting yang harus ditentukan oleh calon pengantin. Setelah menentukan tanggal pernikahan maka persiapan bisa dimulai mulai dari mencari tempat, mengurus catering, hingga hal-hal lainnya. 

Tidak sedikit pengantin yang masih bimbang dalam menentukan tanggal pernikahan karena harus dikomunikasikan dengan keluarga. Alhasil proses penentuan tanggal pernikahan tak kunjung terjadi. Lalu bagaimana cara yang tepat dalam menentukan tanggal pernikahan?

1. Tentukan Jauh-jauh Hari

Saat penentuan tanggal pernikahan dilakukan dengan jauh-jauh hari atau tidak mendadak.Setidaknya dalam menentukan tanggal pernikahan dilakukan saat 1 tahun – 6 bulan sebelum pernikahan. Ingat pernikahan adalah hari yang besar tak mungkin dipersiapkan dengan tidak matang atau asal-asalan.

2. Tidak di Hari Peringatan Agama

Ilustrasi Menentukan Tanggal Pernikahan (SINDOnews.com)

Hari besar peringatan agama biasanya memang tanggal merah atau hari libur. Namun bukan berarti calon pengantin memilih tanggal itu. Apakah mau menikah di hari Lebaran atau Natal? Pasti banyak orang yang akan jadi tamu undangan memiliki banyak aktivitas di hari besar peringatan agama. 

Namun ada pengantin yang memilih tanggal setelah hari besar agama, misalnya setelah Lebaran atau Natal. Justru banyak pengantin yang menikah seminggu hingga sebulan setelah Lebaran karena dianggap hari yang baik. Termasuk pernikahan dilakukan setelah Natal sebelum Tahun Baru karena banyak orang sudah memasuki libur akhir tahun.

3. Memikirkan Biaya

Tentunya menentukan pernikahan juga harus disesuaikan dengan biaya yang akan dikeluarkan. Misalnya menikah di momen libur akhir tahun atau akhir pekan tentunya penyewaan vendor pernikahan lebih mahal dibandingkan hari-hari biasa yang bukan akhir pekan atau libur akhir tahun.

4. Antisipasi Musim Hujan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"