Bikin Khawatir dan Nggak Nyaman, Inilah 5 Penyebab Ketombe Berlebih

Bikin Khawatir dan Nggak Nyaman, Inilah 5 Penyebab Ketombe Berlebih

Rambut yang berketombe tentu akan membuat kita tidak percaya diri, apalagi ketombe biasanya memiliki rasa gatal yang tak tertahankan. Namun kamu tidak perlu khawatir berlebih karena hal ini juga dapat kamu hindari dengan memperhatikan penggunaan produk rambut kamu.

Sebagai informasi, ketombe merupakan salah satu kondisi kulit kepala yang dapat menyebabkan rasa gatal dan munculnya serpihan kulit mati. Kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja sehingga setiap orang mungkin akan mengalami masalah ketombe. Namun, meski demikian tapi ketombe biasanya akan terjadi pada seseorang yang sudah remaja hingga paruh baya. 

Ketombe dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti dermatitis serboik, eksim, maupun psoriasis. Selain itu, ketombe yang kamu alami mungkin akan meningkat atau bahkan lebih banyak saat mengalami stress, kondisi cuaca yang lebih lembab, kondisi medis, dan produk rambut yang kamu gunakan. 

Pada sebagian orang, kondisi rambut berketombe akan membuat kita tidak percaya diri, hal ini juga mungkin akan membuat orang lain beranggapan bahwa kita tidak menjaga kebersihan kulit kepala. 

Nah, buat kamu yang penasaran apa saja penyebab dari ketombe yang kamu alami, cek di bawah ini untuk tahu apa saja penyebabnya:

1. Kulit Kering

Kulit kering merupakan salah satu penyebab ketombe yang paling umum terjadi. Kalau ketombe yang kamu alami disebabkan oleh kulit yang kering, maka kamu akan lebih mudah untuk mengetahui penyebabnya, karena sebagian tubuh kamu juga akan kering. Jika selama beberapa bulan cuaca yang sangat dingin, maka akan membuat kulit kamu kering dan ketombe akan cenderung lebih banyak. 

Cara Mengatasinya: Kamu hanya perlu melembabkan bagian yang kering, atau menggunakan beberapa shampoo yang memiliki kandungan moisturizer untuk melembabkan kulit kepala. 

Bikin Khawatir dan Nggak Nyaman, Inilah 5 Penyebab Ketombe Berlebih5 Penyebab Ketombe Berlebih (KlikDokter)

2. Kurang Keramas

Meskipun keramas yang terlalu sering juga tidak baik untuk kesehatan kulit rambut, tapi jarang keramas juga tidak baik untuk kesehatan rambut kita, lho. Keramas yang nggak cukup juga akan menjadi penyebab timbulnya ketombe, hal ini akan membuat minyak menumpuk di kulit sehingga menyebabkan ketombe. 

Bisa jadi hal ini juga disebabkan oleh penggunaan shampoo yang tidak cukup atau shampoo yang kamu gunakan tidak cukup kuat untuk menghancurkan penghalang minyak yang dapat berkontribusi terhadap ketombe kamu. 

Cara Mengatasinya: Keramaslah lebih sering dari biasanya dan gunakan shampoo yang sesuai untuk jenis kulit rambut kamu.

3. Alergi

Beberapa orang mungkin mengalami alergi yang berbeda-beda. Bisa dari makanan, udara, ataupun zat tertentu. Namun, apakah alergi terhadap produk perawatan rambut bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya ketombe? Tentu saja bisa. Jika kamu mengalami iritasi kulit kepala seperti gatal maupun nyeri setelah menggunakan produk tertentu, hal ini mungkin disebabkan oleh sensitivitas yang kamu miliki. 

Cara Mengatasinya: Hentikan penggunaan produk yang baru kamu gunakan atau yang kamu curigai menyebabkan alergi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"