Begini Cara Supaya Gak Ketipu dengan Klinik Kecantikan Abal-Abal

Begini Cara Supaya Gak Ketipu dengan Klinik Kecantikan Abal-Abal

Hari gini, siapa coba yang nggak mau terlihat cantik? Hampir semua wanita mendambakan kulit wajah yang glowing dan bebas jerawat. Itu sebabnya makin banyak muncul klinik-klinik kecantikan yang nawarin pelayanan untuk membantumu memiliki wajah bak wanita Korea.

Eh, tapi inget, kamu juga mesti seksama dalam memilih klinik kecantikan. Nggak jarang banyak banget wanita yang tertipu dengan klinik kecantikan abal-abal yang akhirnya membuat wajah mereka jadi bermasalah. 

Lantas, gimana caranya bisa tau apakah klinik kecantikan tersebut abal-abal atau tidak? Nah, dilansir dari Wolipop, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr Listya Paramita, Sp.KK dan Dokter Estetika dan Anti Aging, dr Cynthia Jayanto, M. Biomed (AAM) memberikan beberapa tipsnya berikut ini. 

# Cari klinik yang punya izin legal

Hal utama yang mesti kamu lakukan saat memilih klinik ialah memastikan kalau klinik tersebut udah punya izin legal dan dokter sebagai penanggung jawabnya.

"Kalau kamu datang ke suatu tempat misalnya, tapi tidak ada dokter penanggung jawabnya sudah jelas ilegal dan tidak tahu siapa yang nantinya mengerjakan tindakan medisnya kan nggak ngerti. Kalau begitu langsung kamu tinggalkan saja. Klinik yang terpercaya, ada dokter yang melakukan tindakan sesuai dengan keluhan pasiennya," ungkap dr. Listya.

# Dokter sudah terdaftar di KKI

Dokter sudah terdaftar di KKI (lifestylekompas.com)

Hal kedua adalah kamu harus tau apakah dokter di klinik tersebut ilegal atau tidak. Caranya adalah kamu bisa mengecek nama lengkap mereka melalui website Konsil Kedokteran Indonesia (KKI). Semisal nama dokter yang bersangkutan tidak ditemukan, nah kamu wajib curiga nih.

"Legalnya adalah begitu, semua dokter harus terregistrasi di KKI, harus mempunyai surat tanda registrasi dan harus mempunyai Surat Izin Praktik (SIP). Itu kelengkapan dokter sebagai dokter yang legal. Jika dokter tersebut tidak mempunyai kelengkapan tersebut, sudah dipastikan dokter itu adalah dokter gadungan," ungkap dr. Listya.

# Dokter yang lulusan dari luar negeri harus punya surat izin dari Indonesia



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"