Arang Aktif Penangkal Racun di Dalam Tubuh, Juga Baik Untuk Kecantikan Wajah

Arang Aktif Penangkal Racun di Dalam Tubuh, Juga Baik Untuk Kecantikan Wajah

Arang aktif adalah bubuk hitam halus, tidak berbau, sering digunakan di ruang gawat darurat untuk mengobati overdosis. Sifat penyerap racunnya memiliki berbagai kegunaan obat dan kosmetik, meskipun belum ada bukti secara ilmiah.

Arang aktif tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk bubuk.

Arang aktif bukan zat yang sama dengan yang ditemukan di arang yang biasa buat bakar sate ya gengs atau potongan makanan yang terbakar.

Pembuatan arang aktif membuatnya sangat adsorben, memungkinkannya untuk mengikat molekul, ion, atau atom. Membuat arang aktif melibatkan memanaskan bahan yang kaya karbon, seperti kayu, gambut, tempurung kelapa, atau serbuk gergaji, hingga suhu yang sangat tinggi.

Arang aktif (goodness.com.au)

Proses 'aktivasi' ini menghilangkan arang dari molekul-molekul yang diserap sebelumnya dan membebaskan situs ikatan lagi. Proses ini juga mengurangi ukuran pori-pori dalam arang dan membuat lebih banyak lubang di setiap molekul, oleh karena itu, meningkatkan luas permukaan keseluruhannya.

Akibatnya, satu sendok teh penuh arang aktif memiliki luas permukaan lebih dari lapangan sepak bola.

Kemungkinan penggunaan arang aktif

1. Kesehatan ginjal

Arang aktif mungkin dapat membantu fungsi ginjal dengan menyaring racun dan obat-obatan yang tidak tercerna. Arang aktif tampaknya sangat efektif untuk menghilangkan racun yang berasal dari urea, produk sampingan utama dari pencernaan protein.

Diperlukan lebih banyak penelitian, tetapi beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa arang aktif dapat membantu meningkatkan fungsi ginjal dan mengurangi kerusakan dan peradangan saluran pencernaan pada mereka yang menderita penyakit ginjal kronis.

Arang aktif bisa dimakan (deccanherald.com)

2. Gas usus

Cairan dan gas yang terperangkap dalam usus dapat dengan mudah melewati jutaan lubang kecil di arang aktif, dan proses ini dapat menetralisirnya.

Dalam sebuah studi 2012, sampel kecil dari orang-orang dengan riwayat gas yang berlebihan di usus mereka mengambil 448 miligram (mg) arang aktif tiga kali sehari selama 2 hari sebelum melakukan pemeriksaan USG usus. Mereka juga mengambil 672 mg lagi pada pagi hari tes. Sekitar 34 persen dari peserta yang diberi arang aktif untuk mengurangi gas, mereka mengalami gejala yang lebih baik.

Dalam sebuah penelitian di tahun 2017, orang-orang yang menggunakan 45 mg simethicone dan 140 mg arang aktif tiga kali sehari selama 10 hari, semuanya melaporkan pengurangan yang signifikan pada sakit perut tanpa efek samping.

3. Penyaringan air

Orang telah lama menggunakan arang aktif sebagai filter air alami. Sama seperti yang terjadi di usus dan perut, arang aktif dapat berinteraksi dengan dan menyerap berbagai racun, obat-obatan, virus, bakteri, jamur, dan bahan kimia yang ditemukan dalam air.

Dalam pengaturan komersial, seperti pusat pengelolaan limbah, operator sering menggunakan butiran karbon aktif untuk satu bagian dari proses penyaringan. Lusinan produk penyaringan air juga dirancang untuk penggunaan di rumah, menggunakan kartrid karbon untuk memurnikan air dari racun dan kotoran.

Untuk kecantikan (girlsdayoutshow.co.uk)

4. Diare

Arang aktif dapat mengobati diare. Mengingat penggunaannya sebagai penyerap pencernaan dalam overdosis dan keracunan, maka beberapa orang mungkin mengusulkan arang aktif sebagai pengobatan untuk diare.

Dalam sebuah tinjauan tahun 2017 dari studi terbaru tentang penggunaan arang aktif untuk diare, para peneliti menyimpulkan bahwa itu mungkin dapat mencegah bakteri dan obat-obatan yang dapat menyebabkan diare tidak terserap ke dalam tubuh dengan menjebak mereka pada permukaan berpori dan bertekstur.

5. Memutihkan gigi dan kesehatan mulut

Banyak produk kesehatan mulut yang mengandung arang aktif mengklaim memiliki berbagai manfaat, seperti:

antivirus

antibakteri

antijamur

detoksifikasi

6. Perawatan kulit

Para peneliti telah melaporkan bahwa arang aktif dapat membantu menarik partikel mikro, seperti kotoran, debu, bahan kimia, racun, dan bakteri, ke permukaan kulit, untuk membuatnya lebih mudah dihilangkan.

7. Deodoran

Berbagai deodoran arang aktif tersedia secara luas. Arang dapat menyerap bau dan gas berbahaya, membuatnya ideal sebagai deodoran ketiak, sepatu, dan kulkas.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"