Apa itu arti cinta yang sesungguhnya, pasti kita sering bertanya-tanya. Atau kita pernah merasakan tapi tak mengerti itu apa. Nah buat yang penasaran? Begini ulasannya.

Apa itu arti cinta menurut kamu? Cinta merupakan emosi yang berasal dari sebuah kasih sayang yang amat kuat dan ketertarikan pada suatu objek tertentu. Tak hanya kepada manusia, tapi bisa juga kepada hewan, tumbuhan, alat-alat dan lain sebagainya.

Ketika timbul rasa ketertarikan, maka akan timbul perasaan ingin berkorban, selalu perhatian, muncul rasa empati, rasa ingin membantu, dan mengikuti apa saja keinginannya.

Apa itu arti cinta sebenarnya memang cukup sulit didefinisikan, karena sifatnya subjektif, dimana setiap individu punya pemahaman yang berbeda dalam mengartikan cinta. Tergantung gimana mereka mengalami dan mengahayatinya. 

Seperti dilansir dari Boldsky, mengenai apa itu arti cinta sesungguhnya dan gimana caranya dua orang saling mencintai. Berikut penjelasannya:

1. Kebahagiaan adalah sumber dari cinta

1. Kebahagiaan adalah sumber dari cinta Pasangan mencintai adalah kebahagiaan (liputan6.com)

Orang yang mencintai dan dicintai akan merasakan sebuah rasa yang tak bisa dinilai harganya, yaitu kebahagiaan. 

Rasa bahagia akibat dari cinta adalah anugerah yang tak bisa ditolak oleh yang merasakannya. Maka beruntunglah, orang-orang yang bisa mencintai dan dicintai, lalu merasakan kebahagiaan oleh karena cinta.

2. Cinta adalah kebaikan

2. Cinta adalah kebaikan Pasangan menuju kepada kebaikan (lampung.tribunnews.com)

Memang, menjadi baik adalah pilihan bagi tiap individu. Namun, terkadang efek dari cinta adalah menghasilkan sebuah kebaikan. Seperti yang dikatakan oleh seorang filsuf Cina, Lao Tzu bahwa cinta tanpa kebaikan tak pernah ada dan tak akan pernah ada. 

Ini membuktikan bahwa seharusnya cinta menghasilkan kebaikan, dan kebaikan adalah cinta itu sendiri.

Nah lalu, apa itu arti cinta dalam psikologi? Dalam psikologi cinta dibagi menjadi3, yaitu:

1. Cinta karena nafsu belaka

Cinta karena nafsu merupakan hubungan antara dua orang yang tak terkontrol. Hanya emosi yang menguasai akal dua insan. Ini mengakibatkan kespontanan dan ketergesa-gesaan dalam hubungan cinta.

2. Cinta yang pragmatis

Apa itu arti cinta menurut psikologi yang kedua adalah cinta pragmatis. Cinta pragmatis merupakan cinta yang seimbang antara dua insan. Terjalin sebuah rasa suka dan duka. Dan terjadi timbal balik antara keduanya.

3. Cinta altruistik

Cinta altruistik sendiri bermakna cinta yang disertai kasih dan sayang tanpa batas. Cinta ini berasal dari ranah rasional dan emosional. Contoh yang paling nyata adalah ketika kamu mencintai seseorang yang tak mencintaimu, asal doi bahagia.

Karena cinta altruistik ini tak mengharap balasan. Hanya memberi, memberi dan memberi.

Nah, telah terjawab bukan? Apa itu arti cinta yang sesungguhnya? Apa kamu termasuk yang udah pernah ngalamin perasaan yang bikin bahagia ini? Kalau iya, selamat, kamu beruntung. Tetap dipertahankan ya....

Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna

Facebook Conversations