Anak 'Blasteran' Sunda dan Jawa Bakal Bingung Deh Kalo Ditanyain Keturunan Mana, Kamu Mau Jawab Apa?

Anak 'Blasteran' Sunda dan Jawa Bakal Bingung Deh Kalo Ditanyain Keturunan Mana, Kamu Mau Jawab Apa?

Ada banyak artis Indonesia yang blasteran. Kita bisa lihat langsung dari wajah atau postur tubuhnya. Yang pasti akan terlihat wajah Indonesia-nya juga kok.

Tapi hal ini bakalan beda kasus kalo ada anak 'blasteran' versi lokal. Terutama anak 'blasteran' Sunda dan Jawa. Biasanya, anak 'blasteran' ini bakal bingung deh kalo ditanyain keturunan mana atau aslinya dari mana.

Sebenarnya hal ini adalah hal biasa di Indonesia. Indonesia sendiri memiliki suku yang menurut Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2010 jumlahnya mencapai 1.340 suku. Dari jumlah suku yang beragam dan sebanyak itu, bukannya gak mungkin dong terjadi pernikahan antar-suku di Indonesia.

Pernikahan antar-suku di Indonesia adalah hal yang biasa terjadi (idntimes.com)

Anak 'blasteran' Sunda dan Jawa tentu lahir dari orang tua dengan kewarganegaraan yang sama. Tapi, anak blasteran versi lokal ini punya semacam problem yang bisa bikin mereka bingung. Gak seperti anak blasteran Indonesia dan luar negeri ya.

Problem itu adalah ketika ditanya orang, "Kamu orang mana?" Kalo kamu adalah salah satunya, kamu mau jawab apa gengs?

Pertanyaan "asal dari mana?" biasanya muncul saat berkenalan dengan orang baru di banyak tempat di Indonesia. Nah, gimana jadinya kalo anak itu adalah blasteran Jawa dan Sunda? Misalnya dia lahir di Jawa Tengah tapi masih merasa memiliki jiwa Sunda juga.

Sebab, banyak orang yang blasteran Sunda dan Jawa ini pasti pernah menghabiskan sebagian masa kecilnya di salah satu wilayah. Entah di Tanah Jawa atau Tanah Sunda. Hal itu lantas akan membuatnya bingung ketika ditanyain soal itu tadi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"