Amankah Digunakan, Skincare Mengandung Hypochlorous Acid?

Amankah Digunakan, Skincare Mengandung Hypochlorous Acid?

Tak dipungkiri lagi jika saat ini produk skincare kian menjamur. Berbagai macam skincare mulai dari lokal sampai internasional terus bermunculan. Dan dari sekian banyak kandungan yang terdapat di dalamnya, kamu mungkin bertanya-tanya, apakah skincare yang mengandung hypochlorous acid aman untuk digunakan sehari-hari?

 Sebenarnya apa sih hypochlorous acid atau yang dikenal juga asam hipoklorit itu, serta apa manfaatnya untuk perawatan wajah?

Kamu mungkin sudah akrab dengan nama asam salisilat untuk jerawat, asam glikolat untuk pengelupasan kulit, dan asam hialuronat untuk hidrasi. Namun bagaimana dengan bahan yang satu ini, asam hipoklorit? Meskipun bahannya tidak sepenuhnya baru, bahan ini naik daun selama pandemi, berkat sifat desinfektannya. 

Dikutip dari Health, asam hipoklorit tidak hanya bertindak sebagai anti-inflamasi untuk kondisi kulit dan perawatan luka, tetapi juga telah terbukti efektif melawan Covid-19.

Skincare (Tagar.id)

Apa itu Asam Hipoklorit?

Asam hipoklorit (HOCl) adalah molekul alami dalam tubuh yang dibuat oleh sel darah putih untuk menangkis infeksi, bakteri dan cedera pada kulit. Dan memiliki fungsi memasok sel-sel dengan oksigen untuk membantu proses penyembuhan alami tubuh.

Terdiri dari hidrogen, oksigen, dan klorin (HOCl), asam hipoklorit adalah antimikroba dan anti-inflamasi. Jadi, tidak mengherankan bahwa bahan serbaguna ini dengan sifat penyembuhannya digunakan dalam perawatan kulit.

Bagaimana Asam Hipoklorit Bermanfaat bagi Kulit?

Kulit yang rentan terhadap kondisi seperti eksim atau jerawat, menyimpan lebih banyak bakteri. Dan karenanya rentan terhadap lebih banyak infeksi. Efek anti-inflamasi dari asam hipoklorit membuatnya berguna untuk melawan jerawat, menenangkan kulit, dan memperbaiki kerusakan.

Namun jika kamu memiliki kulit sensitif, berhati-hatilah ketika menggunakan skincare yang mengandung bahan ini ke dalam rutinitas perawatan wajah. Meskipun asam hipoklorit yang alami di dalam tubuh, tidak menyebabkan iritasi untuk semua jenis kulit.

Manfaat lain dari asam hipoklorit adalah dapat mengatasi rasa gatal dan mengurangi kemerahan dan pengelupasan kulit akibat eksim, psoriasis atau jerawat. Ini karena asam hipoklorit membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"