7 Penyebab Skin Barrier Rusak yang Sering Tidak Disadari dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

7 Penyebab Skin Barrier Rusak yang Sering Tidak Disadari dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Saat mencari produk skincare, tentu kita pilih yang memiliki kandungan untuk menjaga kulit, membersihkan, mencerahkan, dan lainya sesuai yang dibutuhkan oleh kulit kita. Beberapa produk kecantikan yang sering kita jumpai bahkan memiliki kandungan untuk melindungi dan meremajakan kulit.

Selain itu beberapa produk kecantikan lainnya yang memiliki fungsi untuk exfoliasi dan melembabkan kulit juga penting untuk kesehatan kulit. Tentu produk tersebut juga memiliki cara kerja untuk merawat lapisan terluar tubuh kita, yang biasa disebut sebagai skin barrier.

Karena berada di bagian terluar tubuh, skin barrier kita juga dapat terganggu oleh berbagai alasan. Saat rusak, hal tersebut akan membuat beberapa sel-sel kulit hilang. Hal ini tentu memungkinkan terjadinya iritasi eksternal, biasanya ditandai dengan kulit yang mudah iritasi, dehidrasi, dan bersisik. Nah, berikut beberapa penyebab skin barrier rusak yang perlu kamu perhatikan karena biasanya tidak banyak disadari:

1. Terlalu Sering Mencuci Muka

Paparan air yang berlebihan dan pembersih wajah yang keras dapat membuat kerusakan skin barrier. Hal ini dapat menghilangkan penghalang lipid alami dalam kulit kamu, lho.

Saat kita mencuci muka, akan melindungi kulit dari kototan. Namun jika hal tersebut terlalu sering dilakukan justru akan membuat lapisan pelindung pertama kulit yang harus memberikan sebagian besar pelindungan.

2. Exfoliasi

Exfoliasi merupakan salah satu perawatn wajah yang dilakukan untuk menghilangkan debu atau paparan polusi di wajah. Kamu disarankan menggunakan produk exfoliasi hanya 1x dalam seminggu.

Jika kamu menggunakan lebih banyak jenis produk exfoliasi tentu akan membuat kulit kamu mengelupas secara berlebihan. Kamu juga perlu berhati-hati untuk menggunakan produk exfoliasi dan memperhatikan perbedaan pada kulit kamu. Jika terdapat kerusakan, sebaiknya langsung hentikan melakukan exfoliasi.

Penyebab Skin Barrier Rusak (KlikDokter)

3. Polusi

Kualitas udara yang buruk atau kering dapat mempengaruhi lapisan skin barrier kita. Oleh karena itu, sangat umum jika banyak orang yang memiliki kulit sensitif dan gatal ketika kualitas udara di sekitarnya memburuk.

Ada baiknya jika kita membatasi aktivitas di luar ruangan selama polusi, kenakan masker, dan pakaian pelindung di luar ruangan serta gunakan pembersih udara untuk menjaga kebersihan udara. Selain itu, hal ini juga tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan kulit kamu tetapi juga kesehatan tubuh lainnya, lho.

4. Kurang Tidur

Mungkin beberapa di antara kita pernah mengalami kulit wajah yang buruk. Hal ini biasanya dikarenakan kurang istirahat dan tidur. Selain itu jika kita kurang istirahat dapat merusak skin barrier dan menyebabkan peningkatan kehilangan air transepidermal.

5. Gen

Beberapa orang memiliki komponen skin barrier yang rusak secara genetik. Biasanya hal ini dikarenakan kekurangan produksi komponen yang terkait satu sama lain yang dibutuhkan untuk fungsi skin barrier yang sehat. Orang yang terkena dermatitis atopic atau eksim biasanya harus memperhatikan perawatan kulit yang baik dan sehat. Tentunya dengan konsulatasi dokter, ya.

6. Penuaan

Seiring bertambahnya usia, skin barrier kita akan rusak dan melemah. Semakin usia seseorang bertambah, biasanya akan mengalami kulit yang lebih kering dan sensitif.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"