7 Cara Benar Pakai Retinol Agar Tidak Merusak Skin Barrier

7 Cara Benar Pakai Retinol Agar Tidak Merusak Skin Barrier

Cara benar pakai retinol dalam step perawatan wajah memainkan peran penting dalam meraih manfaat maksimal dari produk perawatan kulit yang populer ini. Retinol, merupakan bentuk vitamin A yang kuat, telah terbukti secara klinis untuk membantu mengurangi tanda-tanda penuaan kulit, seperti kerutan, garis halus, dan bahkan noda pigmentasi.

Meski demikian, penggunaan retinol yang tidak benar dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan berbagai masalah lainnya. Oleh karena itu, ikuti panduan yang tepat cara menggunakan retinol agar kamu dapat merasakan manfaatnya tanpa efek samping yang tidak diinginkan. Berikut ulasannya:

1. Mulailah dengan Konsentrasi Rendah

Cara Benar Pakai Retinol (via Marsha Beauty)

Untuk menghindari iritasi dan reaksi yang kurang baik, kamu sebaiknya memulai perawatan retinol dengan konsentrasi rendah. Langkah ini bertujuan untuk memberi kulitmu kesempatan beradaptasi dengan bahan aktif tanpa risiko iritasi berlebihan.

Kamu dapat memilih produk dengan konsentrasi rendah seperti 0,25% atau 0,5% yang umumnya aman untuk kulit. Jika sudah mampu beradaptasi, coba perlahan-lahan meningkatkan konsentrasi sesuai dengan toleransi kulitmu.

2. Gunakan pada Malam Hari

Cara Benar Pakai Retinol (via Halodoc)

Retinol sebaiknya digunakan sebagai bagian dari rangkaian skincare malam hari. Ini karena bahan ini dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari, yang dapat meningkatkan risiko kulit terbakar dan iritasi. Menggunakan retinol di malam hari juga memberikan waktu yang cukup bagi kulit untuk meregenerasi sel-selnya tanpa gangguan sinar UV sehingga hasilnya pun lebih maksimal.

3. Bersihkan dan Keringkan Kulit Terlebih Dahulu



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"