6 Material Alat Masak yang Paling Bagus untuk Kesehatan dan Paling Tahan Lama, Yuk Bun Mulai Beralih ke Alat Masak Berbahan Ini

6 Material Alat Masak yang Paling Bagus untuk Kesehatan dan Paling Tahan Lama, Yuk Bun Mulai Beralih ke Alat Masak Berbahan Ini

Setiap kali Bunda memasak untuk orang tersayang, pasti Bunda memilih bahan terbaik kan? Entah media memasak, sayuran, rempah-rempah dan segala sesuatu yang akan membuat makanan lebih bergizi dan enak.

Namun, seberapa sering Bunda memperhatikan peralatan yang kita gunakan untuk memasak? Nah, jika sampai saat ini Bunda belum terlalu memperhatikan, perlu diketahui bahwa alat masak yang digunakan untuk memasak juga memiliki pengaruh positif atau negatif yang besar terhadap makanan yang dimasak di dalamnya. 

Pada artikel kali ini, kita akan membahas beberapa peralatan masak terbaik yang sebaiknya Bunda gunakan untuk memasak dan apa saja yang perlu dihindari!

# Alat Masak yang Baik untuk Kesehatan

Ada banyak ancaman kesehatan yang mengintai, jika Bunda tidak memperhatikan peralatan masak yang digunakan untuk memasak makanan untuk keluarga. Berikut adalah beberapa rekomendasi peralatan masak memasak sehat atau beberapa peralatan terbaik untuk memasak:

1. Stainless Steel

Salah satu alat masak yang paling banyak tersedia dan terbaik untuk memasak yang harus Bunda pertimbangkan adalah Stainless steel. Dengan stainless steel, Bunda bisa mempertahankan sekitar 60 hingga 70 persen kandungan nutrisi makanan. Namun, hindari membeli perkakas stainless steel yang dipoles dengan kromium atau nikel karena dapat mengancam kesehatan.

2. Cast Iron

Alat Masak berbahan cast iron (blog.williams-sonoma.com)

Salah satu logam tahan lama dan kokoh yang dapat digunakan untuk memasak makanan adalah cast iron. Meskipun begitu, buat Bunda atau keluarga yang memiliki masalah kesehatan kelebihan zat besi, alat masak ini gak disarankan ya.

Peralatan cast iron modern dilengkapi dengan lapisan yang aman, selain itu ia juga lebih tahan lama dan mudah dirawat juga. 

3. Kaca

Salah satu peralatan dapur teraman yang bisa Bunda gunakan untuk memasak adalah gelas. Gelas adalah bahan non-reaktif, yang berarti tidak melepaskan unsur-unsur berbahaya ke dalam makanan yang sedang dimasak dan juga tidak menyerap nutrisi apa pun dari makanan. 

4. Kuningan

Kuningan adalah bahan yang bagus untuk memasak makanan karena makanan yang dimasak dengan peralatan ini, 90 persen kandungan nutrisinya bisa bertahan. Sayangnya, Bunda harus cukup telaten membersihkannya dan gak boleh masak ini untuk makanan yang terlalu asam.

5. Perunggu

Perunggu adalah media memasak makanan yang sangat sehat, bahan ini bisa menjaga sekitar 97 persen dari hasil bagi nutrisi makanan tetap utuh. Namun, berhati-hatilah dengan timah atau nikel yang mungkin ditambahkan ke peralatan ini karena dapat membahayakan kesehatan.

6. Pot Tanah Liat



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"