6 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Bikin Wajah Semakin Berminyak, Mitos atau Fakta?

6 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Bikin Wajah Semakin Berminyak, Mitos atau Fakta?

Memiliki wajah dengan minyak berlebih menjadi salah satu hal yang paling dihindari para wanita, setuju, nggak nih? Untuk kamu para wanita dengan masalah kulit minyak berlebih, merasa nggak sih kalau problem minyak berlebih di wajah ini sulit dihilangkan meski sudah melakukan berbagai cara? Padahal minyak di wajah tidak datang dengan sendirinya, lho. Pasti ada sebabnya. Karena nggak ada asap kalau nggak ada api.

Lalu, apa sih penyebab minyak berlebih di wajah? Minyak berlebih di wajah bisa disebabkan oleh beberapa hal. Apalagi nggak cuma faktor luar tapi juga bisa disebabkan dari dalam. Coba cek dulu, beberapa sering kebiasaan sepele ini kamu lakukan.

1. Kurang minum air putih

Kamu termasuk yang nggak hobi minum air putih? Bukan minum air putih, malah lebih gemar minuman manis? Duh, jangan sering-sering ya Ladies. Sebab kebiasaan yang terdengar 'sepele' ini ternyata nggak baik bagi tubuh.

Selain terlalu banyak konsumsi minuman manis bisa jadi 'bibit' diabetes, kurang minum air putih juga akan mempengaruhi kinerja ginjal lho. Selain itu, saat tubuh kurang terhidrasi tubuh mulai menghidrasi dirinya sendiri dengan menjangkau kelenjar sebaceous yang terletak di bawah permukaan kulit.

Hal ini mengakibatkan produksi sebum lebih banyak daripada biasanya. Produksi sebum yang berlebih akhirnya membuat kulit lebih berminyak dari biasanya.

2. Terlalu sering mencuci wajah

Ilustrasi Terlalu Sering Mencuci Wajah (KlikDokter)

Semakin sering cuci muka, bikin wajah semakin 'kinclong', bener nggak, ya? Ternyata itu salah! Buat kamu yang memiliki tipe kulit berminyak, biasanya menggunakan face wash untuk membersihkan area wajah.

Namun penggunaan face wash untuk mencuci wajah bisa berdampak kurang baik jika dilakukan terlalu sering. Jika terlalu sering mencuci muka dengan face wash, kulit malah lebih mudah mengeluarkan minyak. Pakailah face wash maksimal dua kali sehari. Jika wajah masih terasa berminyak, cukup cuci muka dengan air bersih saja, ya.

3. Hobi makan gorengan

Terlalu banyak makan gorengan bikin kulit makin berminyak? Mitos atau fakta ya? Ternyata ini hanya mitos. Lemak dalam makanan yang dikonsumsi tidak ada hubungannya dengan minyak yang diproduksi di kulit.

Dikutip dari situs Halodoc, Kamis (2/9/2021), kulit berminyak disebabkan oleh kelenjar sebaceous yang terlalu aktif. Beberapa orang secara alami juga memiliki kulit yang lebih berminyak dibanding yang lain. Namun nggak ada salahnya untuk mengurangi konsumsi makan berminyak. Bukan karena agar kulit bebas minyak, tapi terlalu banyak konsumsi makanan berminyak kurang baik bagi tubuh.

4. Mudah stres



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"