6 Cara Efektif Menghindari Gaya Hidup Konsumtif, Perempuan Wajib Baca!

6 Cara Efektif Menghindari Gaya Hidup Konsumtif, Perempuan Wajib Baca!

Menghindari gaya hidup konsumtif dapat membantumu menata keungan dengan baik di masa depan. Bagaimana tidak, dengan menghindari gaya hidup konsumtif, kamu bisa menempatkan plot-plot dana di tempat yang benar, bukan semata untuk keinginan yang sangat mudah berubah.

Meski demikian, memang tidak mudah melakukannya, apalagi di tengah gempuran metode payment saat ini. Penggunaan kartu kredit, paylater, hingga pembayaran dengan scan barcode adalah godaan yang berat untuk para perempuan yang hasrat belanjanya mudah meledak-ledak.

Karenanya, kamu harus memiliki trik agar tidak terjebak dalam gaya hidup konsumtif. Berikut ini adalah cara efektif yang bisa kamu lakukan:

1. Buat Rencana Keuangan

1. Buat Rencana Keuangan Cara Menghindari Gaya Hidup Konsumtif (via Lifepal)

Trik yang pertama adalah dengan membuat rencana keuangan. Saat kamu menerima gaji bulanan, jangan langsung digunakan. Kamu perlu menyusun rencana keuangan bulanan. Catat pengeluaran apa saja yang mungkin akan terjadi termasuk kebutuhan yang perlu dipenuhi bulan ini.

Nah, tidak berhenti disitu saja, kamu juga perlu mencatat setiap pengeluaran yang telah dilakukan. Supaya mudah, kamu bisa menggunakan aplikasi pencatatan keuangan. Dengan begini, saat akhir bulan kamu bisa memetakan mana pengeluaran yang sebenarnya masih bisa dipangkas untuk efisiensi keuangan bulan berikutnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"