6 Cara Efektif Membersihkan Kerak Panci yang Menahun

6 Cara Efektif Membersihkan Kerak Panci yang Menahun

Apa kamu termasuk dalam sebagian besar orang yang suka memasak tapi malas mencuci piring? Jika benar, maka kamu juga akan memiliki masalah dalam membersihkan kerak panci . Panci atau wajan yang sering dipakai namun tidak langsung dibersihkan, akan meninggalkan sisa kotoran yang semakin lama menumpuk dan mengerak hingga susah dibersihkan.

Namun, jangan khawatir! Ada beberapa cara yang bisa membuat panci kesayanganmu kembali bersinar seperti baru. Inilah beberapa tips membersihkan kerak panci yang menahun yang bisa kamu terapkan dengan mudah di dapur.

1. Gunakan Cuka dan Soda Kue

Salah satu metode paling efektif untuk mengatasi kerak panci adalah dengan menggunakan campuran cuka dan soda kue. Campurkan cuka dengan soda kue hingga membentuk pasta. Oleskan pasta tersebut ke area yang terkena kerak dan biarkan selama beberapa jam. Setelah itu, sikat dengan kuas atau spons yang kasar untuk membersihkan kerak panci dengan mudah.

2. Rebus Air dengan Cuka

Membersihkan Kerak Panci (via Hipwee)

Jika cara sebelumnya masih meninggalkan bekas, kamu bisa menggunakan cara mengisi panci dengan air dan tambahkan cuka dalam jumlah yang cukup. Rebus campuran tersebut hingga mendidih, lalu biarkan panci terndam selama 10-15 menit. Air yang mengandung cuka ini akan membantu melunakkan kerak dan memudahkan kamu untuk menggosoknya dengan spons atau kuas.

3. Gunakan Campuran Baking Soda dan Air

Jika tidak punya cuka, kamu dapat mencampur baking soda dengan air untuk membentuk pasta. Oleskan pasta ini ke permukaan panci yang terkena kerak dan biarkan selama beberapa jam sebelum membersihkannya. Baking soda akan membantu melunakan kerak dan mempermudah proses pembersihan.

4. Sikat dengan Sikat Keras



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"