5 Tips Biar Kamu Selalu Fokus Sepanjang Hari Biar Lebih Produktif

5 Tips Biar Kamu Selalu Fokus Sepanjang Hari Biar Lebih Produktif

Sering nggak fokus karena banyak gangguan? Gini cara atasinnya.

Dalam mengerjakan kegiatan apapun, kunci utama agar semuanya bisa selesai dengan baik adalah fokus. Ya, kalau kamu nggak fokus, pasti ada aja yang berantakan atau nggak sesuai harapan. Apalagi kalau ditambah gangguan dari luar, misalnya temanmu yang sering ngajakin bergosip atau curhat di sela-sela jam kerja atau kuliah. 

Padahal membangun fokus itu gampang aja lho, tapi emang dibutuhkan komitmen juga dalam menjalankannya. Nah, apa aja sih yang kamu perlu lakukan biar fokus terus sepanjang hari?

Fokus menyelesaikan tugas (msg.ai)

Susun rencana kegiatan

Pada malam hari atau pagi hari, buatlah perencanaan kegiatanmu seharian. Kalau perlu bikin jadwal dari bangun sampai tidur lagi. Kenapa menyusun jadwal itu penting, soalnya kamu bisa memperkirakan tugas mana sih yang lebih susah dan mudah, mana yang lebih cepat atau lama dikerjakan. Terus disesuaikan juga dengan jam-jam di mana kamu lebih on fire. 

Misalnya, kamu tipe orang yang penuh semangat di pagi hari, maka kerjakanlah tugas yang susah duluan. Jadi ketika semangat udah mulai memudar, kamu tinggal menyelesaikan tugas yang mudah aja.

Multitasking bikin pusing (theconversation.com)

Kurangi multitasking

Pentingnya menyusun jadwal juga bikin kamu nggak perlu multitasking. Bukannya cepat, multitasking malah bikin fokusmu pecah dan malah jadi stres sendiri ngerjainnya. Kalau pengen semua tugas selesai dengan baik sesuai deadline, emang kebiasaan multitasking harus dihilangkan, gengs. Lebih baik ikutin jadwal kamu dan selesaikan satu per satu. 

Kurangi main handphone

Gimana mau fokus kalau sedikit-sedikit kamu gatel ngecek handphone terus? Meski sepele, kebiasaan mantengin handphone itu bisa ngerusak fokus lho, gengs. Soalnya kamu mungkin jadi nggak sadar kalau ternyata lama juga menghabiskan waktu buat balas chat atau komentar di medsos, eh terus keterusan sampai buka online shop. Nggak disadari, waktu yang kebuang lumayan banyak.

Jangan lupa istirahat (alibaba.com)

Istirahat

Kalau udah capek, sebaiknya istirahat dulu, gengs. Meski tugas lagi banyak, bukan berarti seharian kamu harus terus menerus mengerjakan sampai selesai. Ambil waktu sedikit untuk makan siang di luar atau tidur siang 15 menit, dan minum kopi sore beberapa menit bisa bikin kamu lebih fresh. Ingat, selama istirahat, sebaiknya jauh-jauh dulu dari tugas-tugasmu ya biar nggak kepikiran. 

Berikan penghargaan untuk diri sendiri

Setelah semua perjuangan yang dilakukan, jangan lupa kaish penghargaan buat diri sendiri. Boleh lah traktir dirimu sendiri minum di kedai kopi, makan makanan enak, nyalon, spa, beli baju baru, nonton, jalan-jalan, atau bahkan berikan dirimu waktu untuk tidur lebih lama dari biasanya.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"