5 Perawatan Kulit untuk Remaja yang Bisa Mengatasi Jerawat

5 Perawatan Kulit untuk Remaja yang Bisa Mengatasi Jerawat

Memasuki usia remaja yaitu mulai umur 12 tahunan, biasanya anak akan mengalami masa pubertas sehingga produksi hormon di dalam tubuh akan meningkat dan hal itu akan sangat berpengaruh pada perubahan fisik maupun kondisi kulit wajah.

Masalah kulit yang paling umum dialami seseorang yang memasuki usia remaja adalah munculnya jerawat dan kulit lebih berkomedo. Hal ini disebabkan karena perubahan hormon, produksi minyak akan meningkat, kemudian menyebabkan pori-pori tersumbat dan memicu jerawat serta komedo.

Agar kulit wajah terbebas dari masalah kulit, para remaja harus rutin melakukan perawatan wajah. Berikut perawatan kulit wajah untuk remaja, yang harus rutin dilakukan, dilansir dari beberapa sumber:

Perawatan Kulit untuk Remaja

Perawatan Kulit untuk Remaja Ilustrasi Perawatan Kulit untuk Remaja (KlikDokter)


1. Rutin Membersihkan Kulit Wajah

Perawatan kulit untuk remaja yang pertama, yaitu rutin membersihkan wajah dengan sabun wajah. Para remaja ini sangat aktif sehingga produksi minyak dan keringat akan semakin meningkat. Untuk itu, gunakan sabun muka yang mengandung salycilic acid dengan tekstur gel atau foam, untuk mengangkat dan mengontrol minyak berlebih di wajah.

2. Gunakan Hidrasi Toner

Setelah membersihkan kulit wajah, lebih baik gunakan toner yang berfungsi untuk menghirasi kulit. Karena kulit wajah remaja juga membutuhkan penyegar yang mampu mengembalikan kesegaran dan mengontrol minyak di wajah. Kamu juga bisa sesekali menggunakan toner eksfoliator, untuk membersihkan komedo dan mengeringkan jerawat.

3. Gunakan Pelembap Ringan

Agar kulit wajah tetap lembap, sebaiknya tetap menggunakan pelembap wajah yang kandungannya ringan. Pelembap yang baik digunakan untuk remaja, yaitu pelembap dengan kandungan ekstrak tumbuhan, seperti ekstrak aloe vera, tea tree oil, chalendula dan centella asiatica. Lebih baik jika ingin menggunakan produk dengan bahan aktif, seperti vitamin C, AHA dan BHA, konsultasikan kepada dokter dulu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"