5 Jenis Mahar Termahal di Adat Indonesia, Bukan Matre Tapi Ini Sudah Aturannya

5 Jenis Mahar Termahal di Adat Indonesia, Bukan Matre Tapi Ini Sudah Aturannya

Bagi sebagian orang yang menikah dengan mengikuti adat istiadat daerahnya yang kental, menikah menjadi hal yang begitu mewah dan mahal. Gak hanya pestanya saja, tapi juga maharnya yang akan diberikan kepada pihak perempuan.

Nah, berikut ini ada 5 mahar termahal menurut beberapa adat di Indonesia. Yuk, simak ulasannya!

# Suku Bugis

Ilustrasi pernikahan adat Bugis (via kumparan)

Dalam suku Bugis, mereka mengenal yang namanya uang panai alias uang belanja. Nah, nilai yang diberikan kepada pihak perempuan biasanya tergantung dari tingkat pendidikannya lho.

Kalo lulus S1, uang panai yang mesti dibayar laki-laki adalah Rp100 juta. Dikutip dari Kompas.com, biasanya uang ini akan menjadi bukti kesungguhan dari laki-laki. Selain itu, karena susahnya mengeluarkan biaya uang panai ini, maka nantinya pihak pria gak akan mudah untuk menceraikan istrinya begitu saja.

# Orang Banjar di Kalimantan Selatan

Orang Banjar di Kalimantan Selatan (Kalsel) memiliki adat bernama jujuran. Jujuran ini merupakan agenda yang wajib dilakukan saat prosesi pernikahan.

Jadi sebelum menikah, pasangan akan membahas soal besarnya mahar. Dan nilainya pun kebanyakan sangat besar juga. Nantinya, pihak keluar pria yang datang ke pihak perempuan akan memberikan jujuran yang sudah disepakati. Sama dengan adat Bugis, jujuran akan menjadi simbol kesungguhan laki-laki ketika mempersunting kekasihnya.

# Adat Sasak di Lombok, NTB



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"