5 Bahaya Malas Memakai Sunscreen yang Wajib Dipahami

5 Bahaya Malas Memakai Sunscreen yang Wajib Dipahami

Apa sih akibatnya jika malas memakai sunscreen? Apakah bisa berdampak fatal pada kesehatan kulit? Bukankah nenek moyang kita baik-baik saja beraktivitas di luar sebelum produk ini muncul? Mungkin pertanyaan-pertanyaan itu akan muncul di benakmu saat mendengar bahwa penggunaan tabir surya adalah hal wajib demi kesehatan kulit.

Faktanya, tabir surya atau sunscreen adalah salah satu produk skincare yang nggak boleh dilupakan. Sebab produk yang satu ini merupakan rutinitas dasar untuk perawatan kulit wajah. Jika ditinggalkan, maka ada sejumlah dampak buruk yang nantinya akan muncul perlahan, bahkan bisa berakibat serius.

Seperti yang sudah diketahui bahwa sunscreen bertugas melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung. Penggunaannya pun harus dilakukan berulang setelah 2-3 jam pemakaian, agar kulit dapat terlindung dengan maksimal. Nah, kalau kamu termasuk salah satu orang yang malas pakai sunscreen, yuk pahami dulu apa saja bahaya yang mungkin saja mengintai.

1. Penuaan Dini

Bahaya Malas Memakai Sunscreen (via Kate Somerville)

Penuaan dini adalah salah satu masalah kulit yang paling dihindari. Sinar matahari mengandung sinar ultraviolet (UV) yang dapat merusak serat kolagen dan elastin dalam kulit. Hal ini dapat menyebabkan penuaan dini, seperti garis-garis halus, keriput, flek hitam, dan kulit kendur. Karenanya, kulit yang terlalu sering terpapar sinar matahari dapat kehilangan elastisitasnya, dan tampak lebih tua akibat munculnya tanda-tanda penuaan.

2. Muncul Flek Hitam



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"