4 Cara Menjadi Jujur dalam Kehidupan, Terutama Untuk Diri Sendiri

4 Cara Menjadi Jujur dalam Kehidupan, Terutama Untuk Diri Sendiri

Seseorang sering membuat kesalahan dengan mengharapkan orang lain untuk memahami mereka tanpa mengungkapkan apa yang mereka rasakan.  Apakah kamu termasuk golongan ini?

 Ini bisa dimengerti karena jujur tentang perasaan kita bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Kita cenderung untuk mengatakan kebenaran dan mulai mengalami kesulitan dalam mengekspresikan emosi dan niat kita.

Sampai taraf tertentu, kita bahkan mengharapkan orang lain untuk membaca pikiran kita dan kadang-kadang bahkan marah ketika mereka gagal. Kesulitan dalam berkomunikasi dapat menyebabkan lebih banyak masalah dalam hubungan.

Padahal gengs, orang lain ya gak akan paham atau susah paham kalau kitanya gak mau jujur dan mengatakan sesungguhnya.

Berikut ini 5 cara untuk mempraktikkan kejujuran dalam hidup

1. Jujurlah pada diri sendiri

Jujurlah pada diri sendiri (theemotionmachine.com)

Sebelum mencoba untuk lebih jujur pada orang lain, kita harus berlatih bersikap jujur kepada diri kita sendiri terlebih dahulu. 

Periksa emosi dan niat kamu, pahami diri sendiri. Apa yang sebenarnya kamu rasakan? Apa yang kamu inginkan? Adakah sesuatu yang kamu ingin orang lain ketahui?

Pertanyaan-pertanyaan ini bagus untuk memahami mengapa kita merasakan apa yang kita rasakan.

2. Pahami apa yang membuatmu ingin berbohong

Pahami apa yang membuatmu ingin berbohong (banyanstuart.com)

Saat kita membohongi orang lain, itu bukan karena niat kita untuk mengkhianati atau menyakiti mereka. Lebih sering karena kamu pikir itu adalah cara terbaik untuk menghindari masalah dan argumen.

Padahal gak juga loh, bisa aja malah jadi bom waktu yang bisa merugikan dikemudian hari gengs. Yang bikin rumit tentang ini adalah kebohongan cenderung menyebabkan kebohongan lain. 

kamu harus menghapus asumsi kami bahwa orang akan lebih bahagia ketika dibohongi. Jika kamu menempatkan diri pada posisi orang lain, kamu akan tahu bahwa mereka lebih suka diberitahu kebenaran dan disakiti, daripada kepercayaan mereka dikhianati.

3. Jadilah dirimu sendiri

Sekarang setelah kamu memahami niat dan kebenaran di balik kebohonganmu, kamu harus mulai mengakui siapa diri kamu sebenarnya.

Menjadi diri sendiri, bisa aja bikin kamu dianggap berubah dan ada yang senang dengan perubahan itu. Tapi percayalah, selalu menyenangkan orang lain dengan membohongi diri sendiri kedepannya bakalan bikin kamu capek.

Terimalah kenyataan bahwa kita ini bukan makhluk yang semurna dan harus menyenangkan semua orang.

4. Jadilah bijaksana



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"