11 Fakta Tentang Vagina yang Harus Cewek Tahu

11 Fakta Tentang Vagina yang Harus Cewek Tahu

Pengetahuan soal organ intim kadang masih aja dianggap tabu. Padahal paham soal organ sendiri adalah hal yang penting. Biar bisa menjaga dan merawatnya dengan baik.

Kalau ada yang gak beres, kamu juga bisa langsung tahu dan memeriksakan diri ke dokter atau memberikan pertolongan pertama sendiri.

Dikutip dari Glamour.com, ini fakta menarik soal vagina yang harus cewek tahu.

Fakta tentang vagina (ubykotex.com)

1. Vagina bukan istilah yang tepat

Anna Druet dan Anne Högemann, ilmuwan riset di Clue, "Vagina" mengacu pada kanal berotot dan elastis yang membentang dari serviks hingga selaput dara. Ada beberapa bagian yang punya nama sendiri-sendiri. Ada klitoris, uretra, labia majora dan minora dan pubis. Sebenarnya istilah yang tepat adalah "vulva."

2. Klitoris mirip banget sama penis

Klitoris punya preputium, kelenjar, dan frenulum, seperti halnya penis, kata Sharon Gerber, M.D. di Fakultas Kedokteran Icahn Gunung Sinai. Meskipun ukurannya lebih kecil daripada penis, klitoris sebenarnya memiliki ujung saraf dua kali lebih banyak dari penis. Litoris punya 8.000 ujung saraf sedangkan penis hanya 4.000.

3. Selaput dara bukan merupakan indikator keperawanan

Selaput dara dan keperawanan (magdalene.co)

Selaput dara adalah lipatan tipis selaput lendir di sekitar lubang vagina. Selaput dara dapat robek karena berbagai hal seperti mengendarai sepeda atau berolahraga.

4. Rambut pada vagina ada gunanya loh

"Rambut pada vagina berfungsi sebagai pelindung jaringan genital, khususnya lubang vagina yang sensitif," kata Dr. Gerber. Mencukur dapat meninggalkan luka kecil (mikroskopis) pada kulit yang bisa meningkatkan resiko infeksi.

5. Vagina membersihkan dirinya sendiri

Sabun untuk area intim ini sesungguhnya tidak diperlukan gengs. Bahkan kalau kebanyakan justru bisa membunuh bakteri baik pada area vagina.

Lapisan vagina terdiri dari berbagai kelenjar yang melepaskan cairan yang dirancang untuk membersihkan dan melumasi vagina.

Sabun juga akan mengganggu keseimbangan pH alami.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"