10 Fakta Menarik Seputar ASI, Ternyata Canggih Banget Loh Ciptaan Tuhan yang Satu Ini!

10 Fakta Menarik Seputar ASI, Ternyata Canggih Banget Loh Ciptaan Tuhan yang Satu Ini!

Air Susu Ibu memang makanan utama yang paling sempurna untuk bayi baru lahir hingga usianya 6 bulan. Anak yang diberi ASI eksklusif biasanya tumbuh menjadi anak yang lebih sehat dan cerdas karena kandungan ASI yang luar biasa.

Tak hanya nutrisi lengkap yang bisa kita temukan di Air Susu Ibu. Sebab ternyata ada banyak keajaiban lain yang juga dimiliki ASI loh, Moms! Sudah tahu belum? Kalau belum, berikut 9 fakta menarik soal ASI yang Moms perlu tahu:

1. ASI-mu Mengandung Bakteri Hidup!

Kandungan nutrisi ASI (web.facebook.com)

Sama seperti darah manusia, ASI adalah cairan hidup yang mengandung berbagai zat pembunuh kuman, bakteri sehat, antibodi, sel darah putih, antimikroba dan pelindung dinding sel serta protein yang memberikan perlindungan terhadap bakteri dan virus.

Bakteri hidup dalam ASI mempengaruhi kesehatan usus bayi– pemberian ASI eksklusif (TIDAK ada yang lain selain ASI) akan mengisi usus bayi dengan bakteri sehat yang mungkin memiliki manfaat seumur hidup dengan membantu mengembangkan ketahanan terhadap kondisi seperti diabetes, obesitas, dan sindrom metabolik.

2. Mencium bayi akan mengubah ASI 

Saat Moms mencium si kecil, Moms mengambil sampel patogen di kulitnya yang kemudian ditransfer ke sistem limfatik di mana Moms akan menghasilkan antibodi terhadap serangga apa pun. Antibodi ini kemudian akan diteruskan melalui ASI ke si kecil dan meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

3. ASI berubah selama menyusui



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"