10 Cara Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Vagina dan Vulva Agar Terhindar dari Berbagai Penyakit

10 Cara Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Vagina dan Vulva Agar Terhindar dari Berbagai Penyakit

Menjaga kesehatan vulva dan vagina akan membantumu mencegah infeksi dan ketidaknyamanan lho Ladies. Terutama mencegah perubahan yang tidak biasa pada keputihan. Sebab bisa jadi itu tanda bahwa mungkin ada masalah di daerah kewanitaanmu. 

Daerah kewanitaan yang harus kamu perhatikan dan jaga kebersihannya adalah mulai dari vulva atau daerah di luar vagina hingga vagina itu sendiri. Atau lubang tempat darah menstruasi dan bayi keluar.

Nah, untuk tahu apa saja yang harus kamu lakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan vulva dan vagina, yuk langsung aja baca penjelasannya di bawah ini!

Organ intim wanita (vulva dan vagina) (healthline.com)

1. Gunakan air hangat untuk mencuci vulva. Keringkan dengan handuk bersih. (Jika vulva sangat teriritasi, kamu dapat mencoba mengeringkannya dengan pengering rambut yang disetel dalam keadaan dingin.)

2. Vagina sebenarnya punya kemampuan membersihkan dirinya sendiri secara alami dalam bentuk keputihan normal. Hindari menggunakan douche kecuali ditentukan oleh doktermu ya. Sebab tindakan douche bisa mengganggu keseimbangan alami organisme.

3. Kenakan hanya pakaian dalam katun 100 persen berwarna putih. Hindari penggunaan nilon, asetat, atau serat buatan lainnya jika kamu memiliki kulit halus atau rentan terhadap iritasi vulva.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"