Waspada Cas HP Sembarangan di Tempat Umum, Ini Bahayanya

Waspada Cas HP Sembarangan di Tempat Umum, Ini Bahayanya

Cukup sering kita menemukan tempat khusus mengecas HP di tempat umum, entah itu di tempat makan, bandara atau cafe. Namun sebaiknya, kamu harus berhati-hati ketika ingin mengisi daya baterai di tempat umum, apalagi jika memakai kabel USB dari tempat tersebut.

Belum lama ini, FBI memberikan peringatan di media sosial untuk tidak mengecas HP sembarangan di tempat umum. Sebab, para hacker bisa dengan mudahnya membajak ponsel kita dengan menanamkan malware di dalamnya.

"Hindari menggunakan charging station gratis di bandara, hotel, atau pusat perbelanjaan," kata FBI Denver dalam cuitannya di Twitter, seperti dikutip dari CNBC, Rabu (12/4/2023).

"Aktor jahat telah menemukan cara untuk menggunakan port USB publik untuk mengenalkan malware dan software untuk memantau ke dalam perangkat," sambungnya.

Ilustrasi orang mengecas HP di tempat umum (kompas)

Aktivitas kriminal ini dikenal dengan sebutan juice jacking, alias para hacker bakal memodifikasi outlet USB dan memasang kode berbahaya agar bisa mencuri data pengguna melalui HP. Bahkan, malware yang sudah dipasang itu juga bisa melacak lokasi keberadaan pengguna. 

Umumnya, teknik hack ini sering terjadi pada pengguna smartphone yang memakai kabel USB yang disediakan di tempat umum. 

Itu sebabnya, FBI memberi saran agar pengguna HP, tablet atau laptop memakai kabel charger mereka sendiri. Bila sudah kepepet, pengguna bisa menggunakan power bank.

Selain itu, FBI juga mengingatkan agar kita tidak sembarangan memakai jaringan WiFi gratis di tempat umum untuk melakukan transaksi online atau membuka dokumen rahasia, sekaligus memasukkan password di akun-akun tertentu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"