iPhone dan iPad Berencana Pakai Layar MicroLED di Masa Depan, Begini Penjelasannya

iPhone dan iPad Berencana Pakai Layar MicroLED di Masa Depan, Begini Penjelasannya

Saat ini, Apple tengah mengembangkan layar display dengan teknologi microLED. Teknologi ini rencananya akan hadir di iPhone, iPad dan Mac di masa mendatang.

 

Dari laporan jurnalis Bloomberg, Mark Gurman, Apple tengah mengembangkan teknologi microLED selama 6 tahun. Proyek ini sudah dimulai sejak tahun 2017 dengan bertujuan menggantikan display yang sudah tersedia dari mitra Apple.

 

Jadi bisa disimpulkan jika ini akan menjadi display pertama yang dirancang oleh Apple sendiri, menggunakan chip Apple Silicon. Gurman sebelumnya melaporkan display microLED ini akan debut di Apple Watch Ultra generasi baru pada tahun 2024.

 

Setelah hadirnya Apple Watch Ultra, Gurman memprediksi jika Apple bakal menggunakan display microLED di iPhone, kemudian diikuti dengan iPad dan Mac. Namun untuk Mac sendiri kemungkinan akan butuh waktu sekitar satu dekade.

Ilustrasi iPhone (urbandigital)

 

Gurman menjelaskan bahwa display microLED bakal memberikan banyak keuntungan seperti layar yang semakin cerah, warna yang lebih baik dan bisa dilihat dari sudut manapun.

 

"Mereka (microLED) membuat gambar terlihat seperti dilukis di atas kaca perangkat dan merupakan pencapaian teknologi yang cukup mengagumkan," kata Gurman, seperti dikutip dari Bloomberg, Senin (16/1/2023).

 

Display microLED menggunakan dioda pemancar cahaya (LED) yang ukurannya sangat kecil untuk backlight yang digunakan layar. Ukuran LED-nya jauh lebih kecil ketimbang teknologi mini- LED yang digunakan iPad Pro 12,9 inch.

 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"