Spinal Cord Injury Yang Dialami Laura Anna Menyebabkan Kematian? Begini Penjelasannya

Spinal Cord Injury Yang Dialami Laura Anna Menyebabkan Kematian? Begini Penjelasannya

Laura Anna baru saja meninggal dunia pada Rabu (15/12/2021). Di usianya yang masih 21 tahun, Laura didiagnosa mengalami Spinal Cord Injury (SCI) atau cedera pada sumsum tulang belakang akibat kecelakaan.

Sebelum kepergiannya, Laura memang sempat mengalami sesak napas hingga dilarikan ke IGD. Banyak yang bertanya-tanya soal penyebab kematiannya itu.

Namun, apakah cedera sumsum tulang belakang yang dideritanya bisa menyebabkan kematian? Menurut spesialis Orthopedi, dr. Asa Ibrahim Zainal Asikin, Sp.OT, hal tersebut bisa saja terjadi.

Penjelasan soal Spinal Cord Injury yang bisa menyebabkan kematian (detik.com)

"Apakah spinal cord atau sumsum tulang belakang di leher bisa menyebabkan kematian? BISA.

Secara umum dibagi dua, kematian akibat SCI (spinal cord injury) yang early onset, dan late onset atau kematian yang cepat terjadi dan yang lambat terjadi," tulisnya mengawali utas yang ia buat.

Menurutnya, tipe kematian cepat, biasanya dikarenakan posisi SCI yang tinggi yakni pangkal atas leher, sehingga selain membuat lumpuh di beberapa bagian tubuh, kondisi ini juga membuat lumpuh otot pernapasan. Dan kondisi inilah yang bisa menyebabkan orang meninggal dunia.

Selain itu, SCI juga bisa mengakibatkan hilangnya fungsi saraf secara menyeluruh yang membuat kekuatan dan denyutan jantung menurun. Bahkan, penurunan tekanan darah juga bisa terjadi dan menyebabkan kematian.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"